HK catat peningkatan volume kendaraan selama arus mudik dan balik Idul Adha 1441H

id Lampung, hutama karya

HK catat peningkatan volume kendaraan selama arus mudik dan balik Idul Adha 1441H

Suasana gerbang tol (Foto : Antaralampung/Istimewa)

Bandarlampung (ANTARA) -

PT Hutama Karya (Persero) mencatat pengendara yang menggunakan jalan tol saat libur Idul Adha 1441 Hijriah tahun 2020 Masehi mengalami peningkatan 68,75 persen dibandingkan volume lalu lintas normal pada bulan Juli.

"Bahwa mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada saat libur lebaran Idul Adha tahun 2020 ," kata Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro, melalui keterangan pers yang diterima di Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya, bahwa kenaikan volume lalu lintas ini diperkirakan akibat banyaknya pengguna jalan tol yang mudik dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatra.

“volume lalu lintas kendaraan yang melintas di JTTS melalui gerbang tol Bakauheni Selatan mengalami peningkatan pada H-1 Idul Adha 1441H hingga mencapai total 7.626 kendaraan, meningkat 3.107 kendaraan dibanding seminggu menjelang hari raya Idul Adha yaitu pada Jum’at (24/7) dimana volume lalu lintas nya hanya 4.519 kendaraan saja. Peningkatan volume lalu lintas ini cukup signifikan dibandingkan dengan hari-hari normal di luar perayaan Idul Adha. Sementara itu, pada hari Minggu (2/8) arus balik kendaraan yang keluar dari pintu keluar tol Bakauheni Selatan menuju ke arah Pelabuhan Bakauheni mengalami lonjakan volume lalu lintas yang cukup drastis yakni mencapai 7.008 kendaraan dan mengalami kenaikan hingga 78,28 persen, setelah sebelumnya hanya mencapai 3.931 kendaraan saja.” kata  Aries.

Ia menjelaskan, meski operasional jalan tol masih dapat berjalan dengan baik, Hutama Karya pada prinsipnya tetap mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya dalam memperketat protokol COVID-19 di ruas tol dan Rest Area yang dikelolanya.

“Kami mewajibkan seluruh petugas tol menggunakan masker, faceshield, sarung tangan, dan manset, melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di Gerbang Tol, Gedung Kantor dan Rest Area.” tambah Aries.

Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum melintas di jalan tol dan apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana di dalamnya terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE. Serta mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, selalu berhati-hati dan tetap menjaga kecepatan berkendara maksimum di 100 km/jam, mengecek kondisi kendaraan sebelum berkendara di jalan tol dan berkendara dalam kondisi prima.