BMKG pantau 77 titik panas tersebar di Lampung

id bmkg lampung, titik panas, hot spot, 77 titik api

BMKG pantau 77 titik panas tersebar di Lampung

Logo BMKG. (FOTO ANTARA/HO-BMKG)

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika(BMKG) Provinsi Lampung memantau ada 77 titik panas atau hotspot yang tersebar di tujuh kabupaten daerah setempat.

"Berdasarkan inter modis Satelit Terra dan Aqua, di Lampung terpantau ada 69 titik api dengan tingkat kepercayaan sedang dan ada delapan titik api dengan tingkat kepercayan tinggi," Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung, Rudi Heriyanto, di Bandarlampung, Kamis.

Menurut dia, titik-titik panas itu tersebar di wilayah Kabupaten Lampung Timur, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Way Kanan, Lampung Tengah, Lampung Utara dan Lampung Barat.

Ia menjelaskan, titik panas ini juga terjadi karena adanya aktivitas pembakaran oleh masyarakat untuk membersihkan lahan serta pembakaran untuk tumbuhnya makanan baru bagi hewan seperti di daerah Way Kambas Lampung Timur.

Pada musim kemarau 2020, pihaknya mengimbau masyarakat tidak melakukan pembakaran ataupun membuang puntung rokok sembarang di lahan-lahan perhutanan atau perkebunan, karena dengan adanya suhu panas dan berkurangnya curah hujan saat ini akan mempercepat perluasan kebakaran yang terjadi.

Berdasarkan sumber data dari klimatologi BMKG Lampung pada bulan Agustus-September mendatang curah hujan di Provinsi Lampung akan semakin berkurang meskipun di beberapa daerah masih akan turun hujan tetapi intensitasnya rendah, demikian Rudi Heriyanto.