Rusia gagalkan rencana penembakan massal di Moskow

id penembakan massal,FSB rusia,rencana serangan di moskow,kelompok militan

Rusia  gagalkan rencana penembakan massal di Moskow

Orang-orang mengambil foto dalam festival bunga tahunan di pusat perbelanjaan GUM di dekat Lapangan Merah, pusat Kota Moskow, Rusia, Rabu (15/7/2020). Sekitar 200.000 bunga ditanam di dalam dan luar pusat perbelanjaan tersebut pada tahun ini. ANTARA FOTO/Xinhua-Alexander Zemlianichenko Jr/hp.

Moskow (ANTARA) - Layanan Keamanan Federal Rusia (FSB) pada Senin menyatakan telah menggagalkan sebuah rencana serangan militan di Ibu Kota Moskow serta menembak mati seorang pria yang diduga mengatur rencana penembakan massal tersebut.

Televisi publik Rossiya 24 menunjukkan gambar pria itu, yang disebut oleh FSB berasal dari negara Asia Tengah, dalam kondisi tak bernyawa dengan wajah menghadap tanah dengan sebuah senapan Kalashnikov yang diduga telah digunakan di lokasi sekitar.

FSB mengatakan pria itu menembakkan peluru kepada mereka ketika mereka mencoba untuk menangkapnya di pinggiran Kota Moskow, dan mengonfirmasi bahwa mereka menembak mati pria yang dimaksud.

Rossiya 24 juga menunjukkan gambar sebuah tas olahraga yang berisi tiga buah granat.

Menurut FSB, pria itu terkait dengan kelompok militan di Suriah. Saudara laki-laki terduga perencana serangan juga telah ditahan, sementara sebuah pencarian dijalankan untuk melacak kemungkinan anggota tim lainnya.

Rusia pernah menjadi target sejumlah serangan kelompok militan, termasuk sebuah serangan pada 2017 yang menewaskan 15 orang melalui ledakan pada gerbong kereta di Stasiun Petersburg.

FSB menyebut bahwa ribuan orang dari negara-negara bekas Uni Soviet di Asia Tengah atau dari wilayah Kaukasus Utara di Rusia pergi ke Suriah atau Irak untuk ikut bertempur bersama kelompok-kelompok militan.

Sumber: Reuters
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar