Menkop: Rantai pasokan harus diperkuat guna perkuat industri perikanan Lampung

id Koperasi lampung, menteri koperasi, koperasi nelayan

Menkop: Rantai pasokan harus diperkuat guna perkuat industri perikanan Lampung

Menteri Koperasi dan UKM bersama Wakil Gubernur Lampung Tengah meninjau pabrik pengolahan kepiting, Lampung Selatan, Sabtu 25/7/2020 (ANTARA/HO-Kemenkop RI)

Lampung Selatan (ANTARA) - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan untuk memperkuat industri perikanan di Lampung rantai pasokan harus diperkuat. 

"Dalam memperkuat suatu industri yang harus dilakukan yaitu memperkuat rantai pasokan (supply chain), dan Lampung pun perlu melakukan hal tersebut sebab memiliki banyak potensi salah satunya perikanan," ujar Teten Masduki, di Lampung Selatan, Sabtu. 

Ia mengatakan, potensi perikanan yang melimpah di Provinsi Lampung harus berjalan bersamaan dengan membangun rantai pasokan yang berkelanjutan. 

Baca juga: Menkop dorong Lampung kembangakan koperasi sektor rill

"Kalau di sektor kelautan supply chain kita salah satunya adalah nelayan, sehingga kita harus perkuat para nelayan melalui koperasi khusus nelayan," ujarnya. 

Ia menjelaskan, melalui koperasi dapat menampung produk hasil tangkapan nelayan, dan langsung diolah oleh industri. 

"Sektor kelautan menjadi prioritas dikembangkan oleh pemerintah, salah satunya produk udang dan rajungan, sebab mampu menyerap tenaga kerja, dan melalui koperasi khusus nelayan, maka tidak akan ada produk tangkapan yang terbuang karena kelebihan pasokan sebab langsung bisa diolah oleh industri," katanya. 

Menurutnya, untuk mendukung penguatan rantai pasokan, sejumlah langkah dilakukan salah satunya percepatan pembiayaan bagi koperasi. 

"Percepatan pembiayaan untuk para nelayan yang tergabung dalam koperasi akan dilakukan, dan kita terus mendorong agar nelayan kita dapat ikut serta menjadi anggota koperasi," ucapnya.