Dinkes Lampung: Empat dari sembilan pasien positif COVID-19 punya riwayat perjalanan

id COVID-19,Wuhan,Pasien positif,Lampung ,Bandarlampung

Dinkes Lampung: Empat dari sembilan pasien positif COVID-19 punya riwayat perjalanan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandarlampung, Kamis. (23/7/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Sembilan kasus baru konfirmasi positif COVID-19, empat di antaranya punya riwayat perjalanan ke luar daerah
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung menyampaikan bahwa penambahan sembilan kasus baru konfirmasi positif COVID-19 di daerah ini, empat di antaranya memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah.

"Pasien kita nomor 241, 242, 243 dan 245 diketahui memiliki riwayat perjalan ke luar daerah, seperti Palembang, Jakarta, dan Kalimantan," kata Kepala Dinkes Provinsi Lampung Reihana, di Bandarlampung, Kamis.

Ia menjelaskan pasien 241 merupakan seorang laki-laki (38 tahun) dari Kota Bandarlampung yang memiliki riwayat perjalanan dari Palembang.

Kemudian, pasien 242 seorang laki-laki (46), dan pasien 243 perempuan (24) dari Kabupaten Lampung Tengah memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta.

"Terakhir pasien nomor 245 seorang laki-laki (27 tahun) dari Kabupaten Pringsewu memiliki riwayat perjalan dari Kalimantan," kata dia lagi.

Sedangkan, lima pasien positif lainnya diketahui dari hasil penelusuran (tracing), yakni pasien 238, 239, 240, 244, dan 246.

Dia mengatakan, pasien 238, 239 dan 240 merupakan warga Kota Bandarlampung yang didapatkan dari hasil pasien nomor 232 yang terkonfirmasi positif COVID-19 terlebih dahulu, dan saat ini mereka bertiga sedang diisolasi di salah satu rumah sakit swasta di kota ini.

Pasien nomor 244 perempuan (34) dari Kabupaten Pringsewu merupakan hasil tracing dari pasien 223, dan yang bersangkutan merupakan kasus kontak erat atau dengan orang tanpa gejala (OTG) dan saat ini sedang isolasi mandiri.

Kemudian, kata dia, pasien nomor 246 perempuan (58) dari Kabupaten Pesawaran didapatkan dari hasil tracing pasien ke-223.

"Jadi tambahan sembilan kasus tersebut masing-masing berasal dari satu orang dari Kabupaten Pesawaran, empat orang dari Kota Bandarlampung, dua orang dari Kabupaten Pringsewu, dan dua orang dari Kabupaten Lampung Tengah," katanya lagi.
Baca juga: Polisi edukasi pengendara dalam penerapan Operasi Patuh Krakatau 2020


Sedangkan untuk pasien sembuh, Kadinkes tersebut mengatakan bahwa hari ini ada tiga yang ke semuanya berasal dari Kota Bandarlampung.

"Pasien sembuh kita yakni nomor 150 laki-laki (37), kemudian nomor 203 laki-laki (56), dan terakhir nomor 206 perempuan (54). Dengan adanya tiga tambahan pasien sembuh hingga kini pasien sembuh di Lampung berjumlah 182," ujarnya lagi.

Reihana pun mengingatkan kembali akan pentingnya disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pada adaptasi kebiasaan baru agar terhindar dari COVID-19.

"Tetap pakai masker, cuci tangan pakai sabun di air mengalir atau dengan hand sanitizer serta menjaga jarak aman saat beraktivitas," ujarnya pula.

Penambahan sembilan pasien positif itu, menambah total secara kumulatif kasus konfirmasi positif COVID-19 di Lampung saat ini menjadi 246 orang, dengan sebanyak 182 orang dinyatakan sembuh, 52 orang masih dalam perawatan, dan 12 lainnya meninggal dunia.
Baca juga: Seorang pasien COVID-19 Kota Metro, Lampung dinyatakan sembuh
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar