Nasihat Kapolri ke Taruna Akpol: Jangan lupa tolong, maaf, dan terima kasih

id Polri, kapolri, wisuda akpol

Nasihat Kapolri ke Taruna Akpol: Jangan lupa tolong, maaf, dan terima kasih

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menghadiri wisuda taruna dan taruni Akademi Kepolisian (Akpol) pada 3 Juli 2020, di Auditorium Cendikia Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah. (Antaralampung.com/HO)

Jangan pernah kau lupa kata tolong, maaf, dan terima kasih
Bandarlampung (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menghadiri wisuda taruna dan taruni Akademi Kepolisian (Akpol) di Auditorium Cendikia Akademi Kepolisian, Semarang, Jawa Tengah pada 3 Juli 2020.

Pada kesempatan tersebut, Kapolri mengingatkan meski lulus dengan pangkat perwira mereka tetap harus menghormati para senior dan anggotanya.

Kapolri juga memberikan tiga ilmu, agar para perwira muda lulusan taruna Akpol tidak salah dalam bersikap saat ditugaskan nanti. Tiga hal itu ialah kata "tolong", "maaf" dan "terima kasih".

"Ada tiga ilmunya itu. Jangan pernah kau lupa kata tolong, maaf, dan terima kasih. Kalau sudah pegang semua itu, insya Allah akan dihargai anak buah dan atasan," kata Kapolri dalam sambutan wisuda Akpol itu, dalam rilis diterima di Bandarlampung, Senin.
Baca juga: Maklumat Kapolri dicabut


Idham mengingatkan agar para lulusan Akpol tidak sombong dengan pangkat yang mereka dapatkan usai lulus.

Pangkat yang tinggi tidak boleh membuat mereka bertinggi hati hingga enggan meminta maaf jika berbuat kesalahan.

"Jangan sombong. Mentang-mentang perwira remaja, enggak boleh itu. Tidak hina kau kalau kau minta maaf," kata dia.

Sebanyak 293 taruna Akpol angkatan 51 Batalion Adnyana Yuddhaga dinyatakan lulus. Calon perwira remaja atas nama Ivan Pradipta menjadi lulusan terbaik dan meraih Adhi Makayasa Akademi Kepolisian Tahun 2020.

Acara wisuda ini dihadiri pula oleh Kalemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto, Gubernur Akpol Irjen Asep Syahrudin, Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi, dan pejabat lainnya.
Baca juga: Kapolri promosikan 18 Polwan tempati jabatan strategis