Unila awasi ketat peserta UTBK untuk cegah joki

id UTBK,COVID-19,Unila

Unila awasi ketat peserta UTBK untuk cegah joki

kata Humas Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Unila M Komarudin, di Bandarlampung, Minggu (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bnadarlampung (ANTARA) - Universitas Lampung mengawasi ketat pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)  tahun 2020 untuk mencegah keikutsertaan joki dalam tes tersebut.

Humas Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Unila M Komarudin, di Bandarlampung, Minggu, mengatakan, setelah peserta mematuhi protap protokol kesehatan, baru kemudian diizinkan masuk ruangan tes melewati mesin pendeksi logam.

"Kita melakukan tes metal detektor untuk mengetahui apakah ada logam ataupun alat komunikasi yang dibawa peserta guna melihat soal dan mendapatkan jawaban dari tempat lain," jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, panitia UTBK juga melakukan verifikasi kepada peserta untuk memastikan apakah yang bersangkutan yang melakukan tes ini atau orang lain.

"Ini untuk kita memastikan benar-benar bahwa UTBK ini berjalan secara kredibel, jangan sampai yang ikut ujian ini orang lain," tegasnya.

Ia juga mengatakan untuk menghindari kecurangan di ruangan,  soal ujian  diacak dan tidak sama.

"Saya kira pengamanan kita sudah berlapis sehingga cukup sulit untuk berbuat curang ataupun menggunakan joki," kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa Unila akan melaksanakan UTBK dalam dua tahap dimana tahap pertama itu dari Minngu (5/7) hingga Selasa (14/7) dan tahap kedua Senin (20/7) hingga Jumat (24/7).

"Dalam satu hari pelaksanaan UTBK ada dua sesi. Dalam satu sesi ada sekitar lima ratus peserta yang menjalani tes. Sesi pertama dilakukan pada pukul 09.00 WIB dan sesi kedua pada pukul 14.00 WIB," jelasnya.
 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar