Satlantas Polresta Bandarlampung minta pesepeda tertib berlalu lintas di jalur khusus

id satlantas polresta, bandarlampung, pesepeda marak

Satlantas Polresta Bandarlampung minta pesepeda tertib berlalu lintas di jalur khusus

Satlantas Polresta Bandarlampung minta pesepeda tertib berlalu lintas di jalur khusus (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Satlantas Polresta Bandarlampung meminta pesepeda yang saat ini marak "gowes" di kota setempat agar tertib berlalu lintas dengan menggunakan jalur khusus dan memperhatikan protokol kesehatan.

"Kami melakukan patroli dan sosialisasi pemahaman tentang aturan lalu lintas bagi pesepeda di tengah pandemi COVID 19," kata Kasatlantas Polresta Bandarlampung, Kompol Reza Khomeini,  Sabtu. 


Saat ini,  lanjut dia, makin banyaknya
warga yang melakukan aktivitas bersepeda namun belum diimbangi dengan perilaku tertib di jalan raya yang bisa merugikan pesepeda dan pengguna jalan lainnya. 

Pihaknya juga menindaklanjuti keluhan warga terkait aksi pesepeda yang sempat mendominasi jalur protokol yang ada di Bandarlampung secara urakan. 

"Aparat langsung mendatangi sejumlah komunitas bersepeda yang berada di 
Bandarlampung  yang dikenal dengan Rabo Rabo Bersepeda," ujarnya.

Komunitas tersebut menurut dia,   
sedikitnya ada ratusan pesepeda berkumpul di Jalan Padang Pasar Tengah pada Rabu malam dan Sabtu malam yang rutin menggelar bersepeda di tengah jalur kota Bandarlampung. 

Reza mengatakan, pihaknya sengaja menerjunkan personel patroli bersepeda sebagai upaya sosialisasi dalam  menindaklanjuti banyaknya laporan masyarakat terkait maraknya aktivitas pesepeda yang dominan menggunakan jalur tengah jalan protokol di Kota Bandarlampung.

Selain itu,  kurang disiplinnya pesepeda dalam mentaati peraturan berlalu lintas dengan menggelar konvoi tanpa memperhatikan pengendara lainnya.

Para pesepeda ini juga banyak yang belum mematuhi tentang protokol kesehatan meski maklumat Kapolri telah dicabut yang salah satu poinnya adalah melakukan kegiatan sosial yang menyebabkan berkumpulnya masa dan berolah raga bersama.

"Kami mengimbau untuk para pesepeda selalu menggunakan lajur kiri, perhatikan arus lalu lintas kendaraan lainya sehingga terhindar dari kecelakaan dan tersendatnya laju kendaraan di jalan," tambahnya.

Kemudian,  patuhi protokol kesehatan, menggunakan helm sepeda, masker serta selalu sedia handsanitizer.

Sementara itu Koordinator Komunitas sepeda Rabo Rabo, Bakat Munajid menyatakan, adanya peran serta Satlantas Polresta Bandarlampung dalam patroli bersepeda cukup membantu para pesepeda untuk tertib.

Hal tersebut mengingat animo pesepeda cukup tinggi yang sering berkumpul dan hingga saat ini di Kota Bandarlampung belum memiliki trek atau jalur khusus untuk para sepeda yang biasa berada di jalur kiri jalan protokol. 

Pihaknya berharap dengan tingginya animo masyarakat untuk bersepeda Pemerintah Kota Bandarlampung dapat memberikan ruang khusus untuk para pesepeda di jalan raya hingga tidak menimbulkan keresahan bagi para pengguna jalan lain.

Selain itu,  ia menambahkan  para pesepeda pun dapat terhindar dari kecelakaan lalu lintas serta patuh pada protokol kesehatan dan tertib berlalu lintas.