Delapan pasar tradisional dan satu terminal di Lampung jadi target tes cepat massal

id COVID-19,Wuhan,Covid-19 di Lampung

Delapan pasar tradisional dan satu terminal di Lampung jadi target tes cepat massal

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, Jumat. (3/6/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mengatakan bahwa ada delapan pasar tradisional dan satu terminal di empat kabupaten/kota yang menjadi target pelaksanaan tes cepat massal.

"Di Kota Bandarlampung ada tiga pasar tradisional dan satu terminal, Kabupaten Pesawaran dan Lampung tengah masing-masing satu pasar dan Lampung Selatan tiga pasar yang rencananya akan kita lakukan rapid test massa," jelas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandarlampung, Jumat.

Menurut dia,  tes cepat massal di Kota Bandarlampung akan dilaksanakan di Pasar Smep, Pasar Wayhalim, Pasar Bambu Kuning dan Terminal Kemiling.

Kemudian, lanjut dia, di Kabupaten Lampung Selatan, pasar yang menjadi target tes cepat massal adalah Pasar Natar, Pasar Jatiagung, dan Pasar Kalianda.

"Untuk Kabupaten Pesawaran akan dilakukan di Pasar Gedong Tataan, serta di Lampung Tengah akan dilakukan di Pasar Bandar Jaya. Semua tempat itu berdasarkan rekomendasi dari Dinkes kabupaten/kota," katanya.

Kadinkes menjelaskan bahwa tes cepat belum dilaksanakan karena sedang mempersiapkan alat tes cepatnya.

Selain itu, kata dia, saat ini pihaknya dan pemkab/pemkot setempat juga terus melalukan sosialisasi kepada pedagang di pasar yang akan mengikuti tes cepat tersebut agar mereka tidak takut.

Reihana pun menegaskan jika nanti ada konsumen yang datang ke pasar dan ingin mengikuti tes cepat, pihaknya pun akan membantunya.

"Nah, apabila hasilnya reaktif, langsung kita lakukan tes usap untuk mengetahui apakah hasilnya positif atau negatif COVID-19," kata dia.
 
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar