Pemprov Lampung didorong percepat penyerapan dana penanggulangan COVID-19

id Corona, dana penanganan

Pemprov Lampung didorong percepat penyerapan dana penanggulangan COVID-19

Ilustrasi penyerapan dana COVID-19 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Lampung mendorong Pemerintah Provinsi Lampung untuk mempercepat penyerapan dana penanggulangan COVID-19.

"Kami terus mendorong agar Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten cepat merealisasikan penyerapan dana penanggulangan COVID-19, sesuai dengan kondisi di masing-masing daerah," ujar Kepala BPKP Perwakilan Lampung, Kisyadi di Bandarlampung, Kamis.

Ia menjelaskan, Pemerintah Provinsi Lampung dan 15 Kabupaten/Kota telah menganggarkan dana penanggulangan COVID-19 sebanyak 1,47 triliun akan tetapi baru 18,41 persen yang terserap.

"Dari total dana penanggulangan COVID-19 sebanyak 1,47 triliun, baru terserap sebanyak 18,41 persen, sehingga kita harus terus mendorong penyerapan," katanya.

Ia mengatakan dalam penggunaan dana ada tiga fokus utama dalam penanganan yaitu di bidang kesehatan, pemulihan ekonomi, dan jaring pengaman sosial.

"Ada tiga fokus penanganan dan ketiganya memiliki penyerapan dana yang beragam, dalam bidang kesehatan telah tercatat ada penyerapan sebanyak 27,30 persen, jaring pengaman sosial 11,58 persen, dan pemulihan ekonomi 13,13 persen," katanya.

Menurutnya, bidang kesehatan menjadi fokus penanganan yang memiliki penyerapan dana terbanyak, tetapi BPKP akan terus mendorong penyerapan dana untuk percepatan penanganan dan stabilitas di segala aspek.

"Kita tetap mendorong untuk dana dapat terserap secara maksimal, saat ini dari bidang kesehatan belum terserap maksimal sebab ada sejumlah kabupaten/kota yang tidak mengalami perkembangan kasus COVID-19 secara signifikan, tetapi kita harapkan dapat terjadi penyerapan," ucapnya.
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar