Lengkuas Lampung dikirim ke Inggris

id Lampung, lengkuas, inggris, lengkuas lampung

Lengkuas Lampung dikirim ke Inggris

Petugas Karantina Pertanian Lampung menunjukan lengkuas yang laris di tanag britania Inggris (Foto : Antaralampung/Istimewa)

Bandarlampung (ANTARA) - Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Lampung mencatat adanya penambahan negara baru untuk tujuan ekspor lengkuas Lampung, yakni Inggris.
 
"Pembukaan pembatasan akibat pandemi COVID-19 secara bertahap telah memberikan angin segar. Setelah sebelumnya dua negara masing-masing Malaysia dan Australia, lengkuas Lampung pun punya pasar baru. Tidak hanya negara tujuan yang

baru, volume dan frekuensi pengirimannya juga bertambah," kata Kepala Karantina Pertanian Lampung, Muhammad Jumadh melalui keterangan tertulisnya, Selasa.

Menurut catatannya, sejak Januari hingga Juni 2020 tercatat 27 ton lengkuas diekspor, sementara pada periode yang sama di tahun 2019 hanya sebanyak 12 ton.
 
Komoditas asal sub sektor hortikuktura ini telah dipastikan sehat, aman dan telah sesuai dengan persyaratan teknis negara tujuan setelah melewati serangkaian tindakan karantina pertanian.

"Selain pemeriksaan fisik, kami lakukan juga uji lab guna memastikan seluruh persyaratan teknis ekspor terpenuhi dan produk terjamin diterima di negara tujuan," katanya.