Jaime Mata cetak dua gol antar Getafe atasi Sociedad

id getafe,sociedad,liga spanyol,jaime mata,adnan januzaj

Jaime Mata cetak dua gol antar Getafe atasi Sociedad

Penyerang Getafe Jaime Mata (ketiga kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol keduanya ke gawang Real Sociedad dalam laga lanjutan Liga Spanyol tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Coliseum Alfonso Perez, Getafe, Spanyol, Senin (29/6/2020) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/Sergio Perez.

Jakarta (ANTARA) - Penyerang Getafe Jaime Mata mengemas dwigol untuk mengantarkan timnya mengatasi tamunya Real Sociedad dengan skor 2-1 dalam laga pekan ke-32 Liga Spanyol tanpa penonton di tengah pandemi COVID-19 di Stadion Coliseum Alfonso Perez, Senin waktu setempat (Selasa WIB).

Dwigol Mata tersebut mengapit satu-satunya gol balasan Sociedad yang dicetak oleh Adnan Januzaj, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Berkat kemenangan itu, Getafe memantapkan posisinya di urutan kelima klasemen dengan koleksi 52 poin, memangkas jarak dengan Sevilla (54) di tempat keempat yang kini tersisa dua poin saja.

Sedangkan Sociedad (47), yang menelan empat kekalahan beruntun dalam lima laga terakhir, harus rela tertahan di peringkat ketujuh dan terancam tersisih dari zona kualifikasi Eropa jika tak kunjung memperbaiki catatan buruknya.



Sociedad sebetulnya mengambil inisiatif menyerang sejak awal laga dan memperoleh peluang lebih dulu tetapi tembakan Mikel Oyarzabal masih bisa dimentahkan barisan pertahanan tuan rumah.

Getafe justru berhasil membuka keunggulan lewat eksekusi penalti Mata pada menit ke-20 setelah Robin Le Normand menjatuhkan Hugo Duro di dalam area terlarang.

Gol itu memindahkan kendali permainan ke tangan Getafe yang kemudian menciptakan beberapa peluang lagi, termasuk tembakan Nemanja Maksimovic memanfaatkan umpan silang Marc Cucurella yang sayangnya masih bisa diamankan kiper Alex Remiro dan kedudukan 1-0 tak berubah hingga aba-aba turun minum.

Sociedad mengawali babak kedua dengan lebih baik dan akhirnya berhasil menyamakan kedudukan lewat sepakan Januzaj menyelesaikan umpan Oyarzabal pada menit ke-55, yang sempat ditinjau oleh VAR sebelum gol itu disahkan.

Sejak gol tersebut pertandingan semakin diwarnai jual beli serangan tetapi peluang-peluang bergagalan hingga akhirnya pada menit ke-83 Jorge Molina mengirimkan umpan yang mampu diselesaikan sempurna oleh Mata dari jarak dekat demi membawa Getafe kembali memimpin 2-1 atas tamunya.

Sociedad tak banyak bereaksi atas gol itu, malah Getafe memperoleh peluang bagus lain pada injury time lewat sepakan jarak jauh David Timor yang bisa diamankan Remiro, tetapi raihan tiga poin tetap dikantungi tuan rumah ketika peluit tanda laga usai berbunyi.

Getafe akan memainkan putaran pekan ke-33 mereka dalam laga tandang melawan pemuncak klasemen Real Madrid pada Kamis (2/7) waktu setempat (Jumat WIB), beberapa jam setelah Sociedad menjamu Espanyol.