Objek wisata Pulau Saronde dibuka lagi dan harus menerapkan protokol kesehatan

id Pulau Saronde,covid-19

Objek wisata Pulau Saronde dibuka lagi dan harus menerapkan protokol kesehatan

Objek wisata Pulau Saronde, Gorontalo Utara, kembali dibuka di tengah pandemi COVID-19. (ANTARA/HO)

Gorontalo (ANTARA) - Pengelola Pulau Saronde, Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, membuka objek wisatanya dengan menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19.

"Sejak Sabtu pekan lalu, objek wisata ini telah dibuka lagi dengan standar operasional prosedur (SOP) tentang pembukaan layanan sektor pariwisata yang ditetapkan pemerintah di tengah pandemi COVID-19," ujar Mia Amalia di Gorontalo Utara, Rabu.

Tarif masuk berlaku normal Rp25 ribu per orang, termasuk tarif penginapan cottage yang juga berlaku normal di kisaran Rp550 ribu hingga Rp1 juta 320 ribu per malam sesuai tipe.

Mia mengatakan kurang lebih tiga bulan objek wisata itu ditutup selama pandemi. "Kami tidak menurunkan harga atau memberlakukan diskon kepada pengunjung mengingat selama tiga bulan ditutup," ujarnya.



Dampak penutupan sementara itu, juga dirasakan para juru mudi taksi laut dan karyawan di objek wisata tersebut. "Dapat dibayangkan, kami tidak memiliki pendapatan sama sekali karena memang tidak ada pengunjung, tentu kondisi yang sama dirasakan para juru mudi perahu dan karyawan," katanya.

Untuk saat ini, pihaknya pun cukup mengkhawatirkan jumlah kunjungan apabila terjadi peningkatan kasus COVID-19. Makanya, selain mematuhi penerapan protokol kesehatan, pihak pengelola juga mengimbau agar pengunjung lebih baik berkunjung saat libur akhir pekan saja.

"Kalau kebanyakan pengunjung, kekhawatiran tidak bisa menjaga jarak menjadi pertimbangan kami," ucapnya.

Sejak pekan lalu, terhitung 60 pengunjung berwisata di objek wisata yang memiliki keindahan pasir putih yang dilengkapi beberapa wahana, termasuk restoran, meski masih membatasi sajian berupa makanan ringan.

"Semoga kondisi kembali normal bebas wabah Corona, agar objek wisata ini kembali ramai dikunjungi, optimal melayani pengunjung, serta menjadi tempat wisata andalan," katanya.*


 
Objek wisata Pulau Saronde, Gorontalo Utara, kembali dibuka di tengah pandemi COVID-19, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (ANTARA/HO)