Ekspor Lampung melalui GRATIEKS didukung Kementan

id Pertanian, ekspor lampung

Ekspor Lampung melalui GRATIEKS didukung Kementan

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam tinjauan di Lampung Tengah, Lampung Tengah, Jumat (19-6-2020). ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Bandarlampung (ANTARA) - Kementerian Pertanian Republik Indonesia mendukung Pemerintah Provinsi Lampung dalam peningkatan nilai ekspor melalui pelaksanaan program Gerakan Tiga Kali Ekspor (GRATIEKS).

"Program Gerakan Tiga Kali Ekspor (GRATIEKS) tetap dilaksanakan, dan akan terus mendukung Lampung untuk menaikkan ekspor," ujar Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo di Lampung Tengah, Jumat (19/6).

Ia mengatakan bahwa Gerakan Tiga Kali Ekspor dapat memfasilitasi Lampung dalam meningkatkan nilai ekspor ke tingkat yang lebih baik.

"Meski sektor pertanian terdampak pandemi COVID-19, saat ini telah pulih dan ikut berkontribusi dalam menjaga stabilitas perekonomian. Dengan demikian, melalui GRATIEKS dapat memfasilitasi Lampung untuk menambah nilai ekspor," katanya menegaskan.

Menurut dia, Kementerian Pertanian terus menyiapkan pemulihan sektor pertanian serta ekspor sembari mempersiapkan keadaan di dalam negeri.

"Luar negeri juga membutuhkan kita dan dalam negeri pun terus dipersiapkan salah satunya dengan menyiapkan lumbung-lumbung nasional," katanya lagi.

Hal serupa juga dikatakan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

"Produksi jagung, padi kita mampu berkontribusi pada produksi nasional, bahkan pada bulan April 2020 juga mengalami kenaikan ekspor sehingga gerakan tiga kali ekspor akan dilaksanakan lebih baik lagi," katanya.

Ia menyebutkan ekspor Lampung pada bulan April 2020 mengalami penaikan, seperti komoditas kopi, teh, dan rempah-rempah yang naik sebesar 19,03 persen.