Mentan kunjungi Lampung pastikan pertanian berproduksi di tengah pandemi COVID-19

id mentan syahrul, pangan di lampung, gubernur lampung,mentan lampung

Mentan kunjungi Lampung pastikan pertanian berproduksi di tengah pandemi COVID-19

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (ANTARA/HO)

Tapi di sini, tidak ada yang kurang makan apalagi kelaparan
Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung, memastikan ketersediaan pangan di tengah pandemi COVID-19 dalam posisi aman dan tetap berproduksi.

"Hal ini perlu dipastikan karena besarnya kontribusi Provinsi Lampung dalam memberi kehidupan yang lebih baik melalui sektor pertanian," kata Mentan, di Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah,  Jumat. 

Menurut dia, pandemi COVID-19 boleh berlapis-lapis, akan tetapi tidak ada kelaparan dan petani sejahtera. Apalagi alam memberikan keuntungan untuk melakukan penanaman.
Baca juga: Mentan Syahrul dukung Lampung sebagai daerah lumbung ternak


Menurut Mentan, bertani merupakan pilihan tepat, juga sesuatu yang menjanjikan untuk kehidupan yang lebih baik. Sebab dengan bertani, kata Syahrul, mampu membuka peluang pasar yang lebih luas. Karena itu, Mentan meminta dukungan Gubernur Lampung untuk memaksimalkan bantuan yang sudah diberikan.

"Kami turun ke sini (Lampung, Red) sesuai arahan Presiden Jokowi yang ingin semua menteri di Kabinet Indonesia Maju turun ke lapangan untuk melihat apakah rakyat Indonesia cukup pangan atau tidak. Tapi di sini, tidak ada yang kurang makan apalagi kelaparan," katanya pula.

Namun di sisi lain, Syahrul tetap mengingatkan terkait adanya kemungkinan krisis pangan, seperti yang disampaikam Badan Pangan Dunia (FAO). Krisis disebabkan akibat kekeringan ekstrem yang melanda dunia, serangan hama, dan ancaman pascapandemi COVID-19.

"Saya berharap di Lampung bukan hanya beras saja, tetapi jagung dan tanaman lainnya bisa terus ditingkatkan produksinya. Ini penting untuk kita lakukan agar Indonesia terhindar dari krisis pangan," katanya pula.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan bahwa Provinsi Lampung saat ini terus berupaya menjadi lokomotif pertanian Indonesia.

Karena itu, Arinal mendukung kedaulatan pangan dan menjaga stabilitas ekonomi melalui sektor pertanian.

"Ke depannya kita akan kembangkan pertanian dan lumbung pertanian, serta mempertahankan ketahanan pangan nasional," katanya pula.
Baca juga: Mentan minta Lampung genjot produksi peternakan