Delapan daerah di Sumbar kembali masuk zona hijau COVID-19

id zona hijau di sumbar,COVID-19 Sumbar

Delapan daerah di Sumbar kembali masuk zona hijau COVID-19

Juru Bicara Covid-19 Sumbar,Jasman. (ANTARA / Ist)

Padang (ANTARA) - Sebanyak delapan daerah di Sumatera Barat kembali masuk zona hijau COVID-19 karena tidak ada lagi warganya yang terpapar penyakit dari virus corona jenis baru itu.

Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Sumbar Jasman di Padang, Jumat mengatakan delapan daerah itu adalah Kota Padang Panjang, Solok, Pariaman, Kabupaten Solok, Pesisir Selatan, Agam, Sijunjung dan Kabupaten Pasaman.

Hanya saja, kata dia, ada perbedaan karakter dari delapan daerah yang kembali masuk zona hijau itu.

"Enam daerah kembali ke zona hijau setelah mencatatkan kesembuhan pasien 100 persen atau semua pasien sembuh. Sementara dua daerah mencatatkan tiga kematian, namun saat ini juga tidak ada lagi pasien positif COVID-19," katanya.

Enam daerah yang mencatatkan kesembuhan pasien 100 persen itu adalah Kota Padang Panjang, Solok, Pariaman, Kabupaten Pasaman, Agam, dan Sijunjung.

Sementara Kabupaten Solok dari delapan orang kasus positif, enam orang sembuh (75 persen) dan dua meninggal (25 persen).

Kabupaten Pesisir Selatan dari 18 orang positif COVID-19, 17 orang berhasil sembuh (94,4 persen) dan satu meninggal (5,6 persen).

Dengan demikian dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar, tinggal 11 daerah yang masih ada warga yang terpapar COVID-19.

Ia menjelaskan dari 11 daerah itu hanya Kota Padang yang jumlah kasusnya terus bertambah, terutama dari Klaster Pasar Raya.

Hingga Jumat (19/6) terdata 700 orang positif terpapar COVID-19 di Sumbar, 493 orang sembuh (70,43 persen) dan 30 orang meninggal dunia (4,29 persen).