Riau gencarkan tes usap bagi tenaga kesehatan

id tenaga kesehatan positif covid,covid riau,tes swab massal

Riau gencarkan tes usap bagi tenaga kesehatan

Ilustrasi - Sejumlah perawat bersiaga dengan mengenakan alat pelindung diri di Instalasi Gawat Darurat khusus penanganan COVID-19 di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru. ANTARA FOTO/FB Anggoro/foc.

Pekanbaru (ANTARA) - Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Provinsi Riau menyatakan akan menggencarkan tes usap (swab) menyusul adanya kasus baru tenaga kesehatan yang tertular COVID-19 di Kabupaten Indragiri Hilir.

“Kita giatkan tes swab karena kapasitas laboratorium kita bisa memeriksa 500 sampel per hari. Kita bisa sudah bisa tes PCR (Polymerase Chain Reaction) massal,” kata Juru Bicara COVID-19 dr Indra Yovi Sp.P(K) dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Jumat.

Indra Yovi mengatakan hal ini karena munculnya satu kasus baru tenaga kesehatan positif COVID-19 di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau. Sebelumnya juga sempat ada tenaga kesehatan terinfeksi COVID-19 namun sudah sembuh, yakni di Kabupaten Pelalawandari dan di klaster penularan Pertemuan Tenaga Kesehatan Teladan, Kota Dumai.

Tenaga kesehatan yang baru terkonfirmasi positif COVID-19 ini berinisial IA yang menjadi kasus ke-130 di Riau. Pasien berusia 28 tahun ini merupakan warga Tembilahan, Kabupaten Inhil.

“Nyonya IA merupakan tenaga Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan,” katanya.