Kemenpora persilakan jika Shin Tae-yong ingin bawa timnas ke Korea

id PSSI,Kemenpora,Shin tae-yong,Timnas U-20

Kemenpora persilakan jika Shin Tae-yong ingin bawa timnas ke Korea

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.

Ini bukan pekerjaan ringan, tetapi harapan publik terlanjur tinggi agar Timnas U-20 berprestasi di Piala Dunia U-20, kata dia
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tak melarang jika pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong ingin membawa anak-anak asuhnya, timnas U-20, ke Korea Selatan untuk menjalani pemusatan latihan.

Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan pihaknya memang mengusulkan agar TC digelar di Indonesia saja, tapi bukan berarti menutup kemungkinan jika harus dilakukan di luar negeri.

"Waktu itu jawaban Kemenpora, jika bisa lebih baik di Indonesia, tetapi tidak menutup peluang diboyong ke Korea Selatan. Perlu diluruskan, bahwa Kemenpora tidak pernah melarang keinginan Shin Tae-yong," ujar Gatot di Jakarta, Kamis.

Namun yang patut dicermati, kata dia, PSSI harus bisa memberikan alasan kuat mengapa harus TC di Korea. Di sisi lain, Kemenpora bakal membantu menyusun justifikasi dari PSSI dan membuat formulasi jika sewaktu-waktu harus diaudit.

"Hanya saja, karena PSSI belum memberikan justifikasi alasan mengapa harus ke Korea Selatan, maka dari pada menunggu lama, Kemenpora memutuskan silakan jika Shin Tae-yong ingin memboyong ke Korea Selatan," kata dia.

Menurutnya, Menpora Zainudin Amali kerap mengingatkan PSSI untuk lebih cermat, strategik, dan komprehensif dalam mempersiapkan Timnas U-20 karena waktunya sudah sangat pendek sekali akibat di antaranya adanya pandemi Covid 19.

"Ini bukan pekerjaan ringan, tetapi harapan publik terlanjur tinggi agar Timnas U-20 berprestasi di Piala Dunia U-20," kata dia.

Sebelumnya, keinginan Shin Tae-yong saling bertolak belakang dengan PSSI soal pemusatan latihan timnas U-20. Shin ingin agar TC dilakukan di Korea Selatan karena dianggap telah aman dari pandemi COVID-19. Sementara PSSI ingin agar TC dilakukan di Indonesia saja.

Terbaru, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Tim Nasional PSSI Syarif Bastaman meminta manajer pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong tidak membuka negosiasi soal lokasi pemusatan latihan (TC) untuk tim nasional.

Ia meminta Shin Tae-yong untuk patuh terhadap apapun yang diinstruksikan PSSI.

“Kalau mau menunjukkan upaya terbaik artinya tidak ada ruang untuk negosiasi. Ikuti saja apa yang diminta oleh pemberi pekerjaan dalam hal ini PSSI,” ujar Syarif.