TCM dioperasikan untuk percepat pemeriksaan sampel

id Corona, alat tes swab, PCR

TCM dioperasikan untuk percepat pemeriksaan sampel

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, Bandarlampung, Kamis 18/6/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mulai mengoperasikan Tes Cepat Molekuler (TCM) di sejumlah kabupaten guna mempercepat pemeriksaan sampel pasien COVID-19.

"Dalam mempercepat penanganan serta pemeriksaan sampel pasien COVID-19 kami mulai mengoperasikan TCM di rumah sakit Menggala dan Metro," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan, alat Tes Cepat Molekuler (TCM) yang merupakan alat pemeriksa pasien tuberkulosis memiliki kemampuan pemeriksaan dengan keakuratan yang sama dengan alat tes PCR.

"Keakuratan sama dengan alat PCR, meski awalnya digunakan untuk pemeriksaan tuberkulosis, namun kita berusaha agar pemeriksaan sampel dilakukan dengan cepat," katanya.

Ia menjelaskan, alat TCM yang ditempatkan di tiga rumah sakit di Provinsi Lampung telah melakukan uji sampel swab pasien.

"Dua alat TCM telah melakukan uji sampel tepatnya di Kota Metro sudah memeriksa 30 sampel dengan hasil negatif, di Menggala ada 35 sampel swab dengan hasil negatif dan satu alat di Pringsewu dalam proses instal," katanya.

Menurutnya, penempatan tiga buah alat TCM serta sebuah alat PCR di sejumlah daerah di Provinsi Lampung bertujuan untuk mempercepat penanganan COVID-19.

"Alat PCR di Kota Bandarlampung digunakan untuk menjangkau kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran sedangkan untuk alat TCM di Menggala untuk menjangkau wilayah Waykanan, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, dan alat di Metro untuk menjangkau Lampung Timur, Mesuji dan Pesisir Barat," ucapnya lagi.