IIB Darmajaya kolaborasi gelar webinar belajar bahasa Korea

id Dj, darmajaya, bahasa korea

IIB Darmajaya kolaborasi gelar webinar belajar bahasa Korea

Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melalui UPT Bahasa berkolaborasi dengan Universiti Malaysia Perlish (UniMAP) menggelar webinar belajar bahasa Korea. (Antaralampung.com/Istimewa)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melalui UPT Bahasa atau Darmajaya Language Center (DLC) berkolaborasi dengan Universiti Malaysia Perlish (UniMAP) menggelar webinar belajar bahasa Korea Selasa.

Pembicara berasal dari UniMAP, Wang Jing melalui virtual zoom dengan dihadiri ratusan peserta baik dari Indonesia maupun Malaysia. Webinar.

"Kolaborasi ini sebagai implementasi atas kerja sama yang selama ini telah terjalin sejak awal tahun 2019. Sebelumnya kita telah melakukan kerja sama dalam berbagai bidang seperti joint research, student mobility, lecture exchange dan program lainnya,” kata Rektor IIB Darmajaya Firmansyah di Bandarlampung, Kamis.

Dia melanjutkan bahasa Korea sangat digemari oleh masyarakat Indonesia karena penggemar Drama Korea. Kolaborasi ini diharapkan dapat berlanjut dengan program-program lainnya dan tidak hanya belajar Bahasa Korea.

Vice Chancellor at UniMAP, R Badlishah Ahmad mengatakan ini pertama kalinya menggelar webinar dengan IIB Darmajaya. Mempelajari bahasa asing dapat membantu dalam mempelajari budaya mereka dan banyak orang. Bahasa Korea juga memiliki tata bahasa yang sangat berbeda dengan Eropa.

"Saya sangat senang dengan kolaborasi internasional dan saya berharap dari webinar mendapatkan ide dan pengalaman baru untuk tertarik dalam mempelajari dan memahami budaya Korea dan bahasanya,” katanya.

Wang Jing selaku pembicara mengenalkan cara menyapa dalam bahasa Korea. Untuk menyapa terdapat tingkatan dari umur, jabatan, dan situasi. Annyeonghasimnikka untuk menghormati yang disapa atau lawan bicara.

"Annyeonghaseyo berarti juga bisa apa kabar, selamat pagi dan halo untuk peruntukan kepada sahabat atau yang dikenal. Belajar rutin dengan menonton film atau mendengar musik juga bisa mempelajarinya,” kata dia.