XL Axiata bagikan sembako buat warga terdampak COVID-19 di Bandarlampung

id xl axiata, bagikan paket sembako, pewarta foto indonesia, pfi lampung

XL Axiata bagikan sembako buat warga terdampak COVID-19 di Bandarlampung

Ketua FPI Lampung Arliyus Rahman (kiri) membagikan paket sembako kepada warga Bandarlampung terdampak COVID-19 (ANTARA/HO)

Sebagian dari donasi ini merupakan hasil pengumpulan dana karyawan XL Axiata....
Bandarlampung (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkolaborasi dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Lampung, Mahasiswa XL Future Leaders Lampung, dan PT Speedy Lintas Gemilang sebagai mitra penjualan memberikan bantuan sembako kepada warga terdampak COVID-19 di Kota Bandarlampung. 

"Sebagian dari donasi ini merupakan hasil pengumpulan dana karyawan XL Axiata yang terus dilakukan secara rutin sejak awal terjadi pandemi," kata Group Head XL Axiata West Region Desy Sari Dewi, dalam keterangannya, di Bandarlampung, Rabu.  

Ia mengatakan banyak pekerja yang terimbas akibat COVID-19. Mereka adalah orang-orang yang pantang menyerah, tetap berusaha karena harus menghidupi keluarganya. Hasil yang diperoleh memang tidak lagi bisa maksimal seperti dulu ketika kondisi normal. 

Menurut dia, donasi ini disalurkan berkolaborasi dengan komponen masyarakat Kota Bandarlampung yang memiliki kepedulian yang sama. Semoga kegiatan ini bermanfaat dan bisa meringankan beban ekonomi mereka yang saat ini terdampak wabah COVID-19.

Desy menambahkan, kegiatan yang sama juga serentak dilaksanakan di Banda Aceh dan Pekanbaru. Paket bantuan terdiri dari sembako, seperti beras, minyak makan, gula, kecap, dan mi instan. 

Khusus untuk Bandarlampung, ada sebanyak 50 paket bantuan yang dibagikan. Sebelumnya, tim PFI Lampung, Mahasiswa XL Future Leaders Lampung, dan PT Speedy Lintas Gemilang sebagai mitra penjualan telah melakukan identifikasi di lapangan, untuk menentukan siapa saja masyarakat terdampak pandemi COVID-19 yang tetap tak kenal menyerah dalam mencari nafkah di situasi dan kondisi yang berat saat ini.

Paket bantuan diberikan antara lain kepada pemulung, penjual koran, tukang parkir, dan pedagang kecil.
 
Ketua PFI Lampung Arliyus Rahman mengatakan kegiatan ini sangat bagus, karena kita bisa melihat dan memberi langsung kepada orang-orang yang saat ini sedang berusaha mencari nafkah. 

"Di saat anjuran pemerintah untuk stay at home dan social distancing, tentu mempengaruhi pendapatan dan penghasilan mereka. Tetapi mereka terus berusaha dan berjuang demi keluarga tercinta. Semoga paket sembako ini bisa membantu meringankan beban mereka," ujarnya pula. 
Baca juga: XL Axiata-Pewarta Foto Indonesia bagikan sembako untuk penyandang disabilitas


Di Pekanbaru, XL Axiata bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau dan Komunitas GERAK Pekanbaru yang memberikan bantuan 50 paket sembako.  

Di Banda Aceh, XL Axiata bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Aceh, Mahasiswa XL Future Leaders Aceh dan PT Prima Multi Usaha sebagai mitra penjualan yang memberikan bantuan 50 paket sembako yang diberikan kepada pemulung, penarik becak, juru parkir, penjual koran, dan lain-lain di 3 kota tersebut.
 
Sebelumnya, XL Axiata juga  bekerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, PFI Pekanbaru, dan PFI Palembang memberikan bantuan kepada komunitas penyandang tuna netra melalui Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni), XL Axiata dan PFI menyalurkan donasi sembako di tiga kota. 

Total ada sekitar 200 paket sembako yang dibagikan. Di Medan ada 60 paket, sedangkan di Palembang dibagikan 75 paket, dan di Pekanbaru 65 paket. 

Kemudian berkolaborasi dengan anak-anak muda Blogger Medan (Blog M) memberikan bantuan 60 paket sembako. Di Padang berkolaborasi dengan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumbar dan Komunitas Berbagi Nasi Padang memberikan bantuan 60 paket sembako untuk para pemulung, penarik becak dayung, penjual koran, juru parkir, pedagang kecil, penyapu jalan raya, penjual krupuk, penjual balon, dan lain-lain di Kota Medan.