Casillas secara resmi mundur dari pencalonan presiden federasi sepak bola Spanyol

id iker casillas,sepakbola,corona

Casillas secara resmi mundur dari pencalonan presiden federasi sepak bola Spanyol

Arsip foto: Iker Casillas (REUTERS/KAI PFAFFENBACH)

Jakarta (ANTARA) - Mantan penjaga gawang tim nasional Spanyol Iker Casillas secara resmi mengundurkan diri dari pencalonan presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) karena krisis yang tengah melanda akibat pandemi COVID-19.

“Saya ingin menyampaikan bahwa saya sudah memutuskan untuk mengundurkan diri dari pencalonan presiden RFEF yang akan datang,” kata Casillas dikutip dari AFP, Senin.

Pria berusia 39 tahun itu mengaku mantap menarik diri dari perebutan posisi teratas di sepak bola Spanyol tersebut menyusul kondisi sosial, ekonomi dan kesehatan yang sedang memburuk di negeri matador tersebut.

Menurut dia, pandemi virus corona yang telah menewaskan lebih dari 27.000 orang di Spanyol saat ini merupakan masalah yang lebih penting ketimbang pemilihan presiden RFEF.
 

Sebelumnya pada Februari 2020, pria yang pernah membawa timnas Spanyol meraih gelar juara pada Piala Dunia 2010 untuk pertama kalinya itu mengumumkan niatnya untuk menantang Luis Rubiales di ajang pemilihan Presiden RFEF.

Namun, pengunduran diri Casillas itu kini telah membuat jalan Rubiales menjadi mulus untuk mendapatkan mandat kedua pada pemilihan yang akan digelar pada 17 Agustus nanti.
 

Casillas tercatat sudah membela timnas Spanyol dalam 167 pertandingan, sekaligus memenangkan dua gelar juara Piala Eropa pada 2008 dan 2012.

Selain itu, dia juga telah memainkan lebih dari 700 laga bersama Real Madrid, termasuk merebut lima gelar juara La Liga dan tiga gelar juara Liga Champions. Setelah Real Madrid, Casillas bergabung bersama Porto pada 2015.

Sayangnya, Casillas sempat menderita serangan jantung pada Mei 2019 ketika sedang latihan dan sejak saat itu, dia tak lagi tampil di lapangan hijau.