Semua swalayan yang beroperasi telah menerapkan protokol kesehatan

id Corona, normal baru, pusat perbelanjaan,lampung

Semua swalayan yang beroperasi telah menerapkan protokol kesehatan

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, Satria Alam. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Satria Alam mengatakan semua pusat perbelanjaan yang beroperasi telah menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Pusat perbelanjaan yang beroperasi saat ini sudah hampir semua menaati protokol kesehatan ketat untuk menjaga keselamatan pengunjung serta mengantisipasi penyebaran COVID-19," ujar Satria Alam, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan menjelang uji coba normal baru pusat perbelanjaan harus menyiapkan aturan serta perlengkapan penunjang protokol kesehatan.

"Pusat perbelanjaan harus menyiapkan tempat cuci tangan, menyediakan petugas pengukur suhu, memastikan pengunjung menggunakan masker, menggunakan model pembayaran nontunai, bila tunai uang sisa pembayaran harus diberi plastik serta melengkapi pekerja dengan sarung tangan, masker atau face shield," ucapnya.

Satria Alam menjelaskan selain sejumlah persyaratan tersebut yang menjadi fokus utama ialah menghindari terjadinya penumpukan pengunjung.

"Setiap pusat perbelanjaan harus menerapkan kuota pembatasan jumlah pengunjung, sebanyak 30 persen dari kapasitas gedung, jadi sistemnya dilakukan secara bergantian masuk saat ingin berbelanja dan saat ini dalam masa adaptasi dan sudah mulai diterapkan," katanya.

Menurutnya, protokol kesehatan ketat harus ditaati oleh pusat perbelanjaan serta pengunjung untuk mencegah persebaran COVID-19 di area pusat perbelanjaan.

"Kami sudah membicarakan mengenai tata cara penerapan protokol kesehatan ketat bersama pelaku usaha swalayan dan telah ditandatangani pula perjanjiannya, bila ada yang melanggar konsekuensi penutupan tempat usaha akan dilakukan. Saat ini kami bekerja sama dengan TNI/Polri dan Satpol PP dalam menjaga penerapan protokol kesehatan di swalayan," katanya.
 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar