Istana Siak Riau belum dibuka, masih kaji penerapan normal baru

id siak, istana siak,wisata siak,pariwisata

Istana Siak Riau belum dibuka, masih kaji penerapan normal baru

Istana Siak. ANTARA/Bayu AA

Tetapi dapat kita dipastikan nanti jika Istana Siak apabila dibuka untuk wisatawan, harus memenuhi metode protokol kesehatan
Siak, Riau (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak, Riau, masih mengkaji standar penerapan normal baru di masa pandemi untuk bidang wisata sehingga belum melakukan pembukaan bagi masyarakat umum untuk sejumlah objek seperti Istana Asserayah Hasyimiah atau Istana Siak.

"Saat ini belum dibuka, kami menunggu pertimbangan pimpinan atau tim gugus tugas COVID-19 Kabupaten Siak. Tetapi dapat kita dipastikan nanti jika Istana Siak apabila dibuka untuk wisatawan, harus memenuhi metode protokol kesehatan," kata Kepala Dinas Pariwisata Siak Fauzi Azni di Siak, Minggu.

Dia mengatakan, Istana Asserayah Hasyimiah akan dibuka kembali, setelah mempersiapkan segala sesuatunya. Di antaranya termasuk protokol pengunjung ketika masih di luar Istana Siak.

Hal itu seperti bagi pengunjung di fase normal baru ini, untuk masuk ke area pagar istana maupun keluar pagar akan diberlakukan standar sesuai protokol kesehatan penanganan COVID-19 yang harus diikuti pengunjung istana nantinya.
Baca juga: Istana Siak di Riau segera dibuka sambut normal baru, setelah dua bulan ditutup



Kebijakan itu ambil karena dikhawatirkan terjadinya kerumunan orang. Termasuk saat membeli tiket masuk apakah pakai tenda, atau menyiapkan kursi-kursi tunggu sehingga harus dilakukan simulasi dulu.

Senada dengan Fauzi, Sekretaris Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Siak Budhi Yuwono mengatakan objek wisata selain Istana Siak juga memperhatikan protokol kesehatan COVID-19 seperti harus memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak.

"Untuk tempat wisata lain, kita ingatkan juga menerapkan protokol COVID-19 kepada pengunjung. Seperti, harus pakai masker, selalu cuci tangan dan jaga jarak," tambahnya.

Pantauan setelah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Siak berakhir masyarakat mulai beraktivitas. Salah satunya dengan mendatangi tempat wisata umum yang terbuka dan sejumlah pedagang kuliner yang mulai beraktivitas kembali.
Baca juga: Asita Riau sesalkan penutupan Istana Siak karena ahli waris berselisih