Sumbar batal jadi tuan rumah Inchan 2020

id inchan

Sumbar batal jadi tuan rumah Inchan 2020

Pagelaran Inchan 2019 (Antara/HO)

Padang, (ANTARA) - Provinsi Sumatera Barat batal menjadi tuan rumah pada puncak acara Pagelaran Seni Indonesian Channel (Inchan) 2020 yang melibatkan sekira 140 pemuda/i dari 70 negara peserta program beasiswa seni dan budaya Indonesia (BSBI) disebabkan adanya pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Novrial di Padang, Minggu petang menyatakan, acara Inchan 2020 dirasa spesial bagi daerah itu dikarenakan satu minggu sebelum puncak acara seratusan peserta sudah berada di Padang, setelah sebelumnya mereka disebar di tujuh provinsi untuk belajar seni, budaya dan adat istiadat setempat.

"Program yang digelar kementerian luar negeri ini dilaksanakan selama dua-tiga bulan dengan menyebar peserta ke provinsi yang sudah direkomendasikan sesuai pilihan daerah masing-masing. Padang merupakan tempat favorit dikarenakan seni dan budaya yang variatif, selain Bali dan Jawa Timur dan peserta tinggal di rumah-rumah penduduk selama pelaksanaan kegiatan di bawah bimbingan orang tua asuh," jelas Novrial.

Rencananya selama sepekan peserta pagelaran akan dibawa keliling Sumatera Barat menyaksikan keindahan objek-objek wisata dan keunikan tradisi budaya setempat yang kaya makna. Biasanya selain dihadiri peserta, orang tua peserta serta kedutaan besar dari masing-masing negara juga datang dan bermalam di Sumatera Barat dan kehadiran mereka tentunya memberikan dampak ikutan yang besar tidak hanya bagi pelaku usaha pariwisata tapi juga penjual cenderamata dan makanan khas daerah.