Sekda Pesisir Barat ikuti rapat koordinasasi kesiapan pilkada serentak 2020

id Lampung, pesisir barat,pilkada 2020

Sekda Pesisir Barat ikuti rapat koordinasasi kesiapan pilkada serentak 2020

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pesisir Barat Miswandi Hasan, mengatakan rapat tersebut merupakan tindaklanjut dari rapat sebelumnya, adapun yang turut hadir dalam video conference tersebut Sekretaris Daerah Pesisir Barat  N Lingga Kusuma didampingi Ketua KPU Pesisir Barat Marlini dan pejabat terkait di Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat (Foto : Antaralampung/doc/Pesisir Barat)

Pemilu secara terjadwal adalah menjadi penentu indeks demokrasi di sebuah negara yang dibutuhkan

Bandarlampung (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pesisir Barat Miswandi Hasan mengikuti rapat koordinasi kesiapan Pilkada Serentak 2020.

Miswandi Hasan, dalam rilis diterima di Bandarlampung, Jumat, mengatakan rapat tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat sebelumnya, dilaksanakan melalui video conference dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pesisir Barat N Lingga Kusuma, didampingi Ketua KPU Pesisir Barat Marlini, dan pejabat terkait di Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat.

Pada kesempatan virtual meeting kali ini disampaikan bahwa pada tanggal 4 Mei 2020 telah dibuat peraturan pemerintah yang memutuskan penyelenggaraan pilkada pada tanggal 9 Desember 2020.

Selanjutnya pihak Kementerian Dalam Negeri juga telah banyak melakukan konsultasi politik dengan DPR RI maupun Bawaslu RI agar pillkada tahun ini berjalan dengan sukses.
Baca juga: DPD RI tolak pilkada serentak dilaksanakan Desember 2020

Selain itu, secara pelayanan persiapan dalam penyesuaian penganggaran juga perlu dilakukan koordinasi antara Kemendagri dengan Kementerian Keuangan sampai sekarang, sehingga benar-benar proses adaptasi penyelenggaraan pilkada ini dengan situasi New Normal Live,  akan disesuaikan dengan protokol kesehatan supaya aman dari COVID-19.

Dalam kesempatan ini, juga disampaikan bahwa ada beberapa pertimbangan kenapa pilkada serentak diadakan tahun 2020, karena sudah keputusan politik dan juga merupakan evaluasi kedewasaan bangsa Indonesia dalam berdemokrasi.

Pemilu secara terjadwal adalah menjadi penentu indeks demokrasi di sebuah negara yang dibutuhkan.

Pilkada akan dilaksanakan pada bulan Desember 2020. Pilkada serentak tahun ini diselenggarakan di 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Namun demikian penerapan New Normal Live juga harus dimulai.
Baca juga: Pengamat: Pilkada belum tepat dilaksanakan 9 Desember 2020