Wali Kota : KBM siswa dimulai 31 Agustus 2020

id COVID-19,Wuhan,Wali kota Bandarlampung, Herman HN, sekolah masuk, kbm

Wali Kota : KBM siswa dimulai 31 Agustus 2020

Wali Kota Bandarlampung Herman HN, saat memberikan keterangan kepada wartawan, Kamis. (11/6/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) - Wali Kota Bandarlampung Herman HN menyebutkan bahwa proses kegiatan belajar mengajar (KMB) pada jenjang pendidikan SMP, SD, TK dan Paud bisa dimulai pada 31 Agustus 2020.

"Anak sekolah 31 Desember akan masuk, saya sudah buat surat edarannya dan ditandatangani," tegas Wali Kota Bandarpampung Herman HN, di Bandarlampung, Kamis.

Ia meminta kepada pihak sekolah dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka harus menyiapkan protokoler kesehatan guna mencegah penularan COVID-19 di dunia pendidikan.

"Namun kita juga tetap memperhatikan perkembangan COVID-19 jika memang kondisinya aman pada tanggal itu bisa dilangsungkan pembelajaran tatap muka," jelasnya.

Hal yang harus disiapkan oleh sekolah, kata dia, seperti menyiapkan tempat penurunan dan penjemputan siswa didik serta menghindari penumpukkan kemudian setiap sekolah harus ada tempat cuci tangan dengan air mengalir serta sabunya, menyediakan cadangan masker dan lain sebagainya yang berkaitan dengan protokol kesehatan.

Sementar itu, Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Bandarlampung dr Murdoyo Spa, mengatakan bahwa pihaknya masih kurang setuju jika sekolah secara langsung dilakukan dalam waktu dekat sebab kasus COVID-19 di Indonesia secara umum dan Lampung khususnya masih terus bertambah.

"Kalau kami menyarankan Pemkot dapat menerapkan sekolah secara langsung di bulan Desember kemungkinan aman dan kasusnya menurun, kalau dalam waktu dekat ini kita masih sangsi sebab kasus juga masih meningkat begitu pula dengan di Lampung," kata dia.

Ia mengatakan bahwa pemerintah jangan pernah mencoba-coba sebab saat ini kasus COVID-19 di Indonesia umumnya masih terus mengalami peningkatan, apalagi terakhir orang yang terkonfirmasi mencapai angka seribu lebih.

"Anak-anak ini kan rentan jadi jangan pernah mencoba-coba baiknya kita tetap menunggu hingga Desember sembari melihat situasinya ," jelasnya.