65 hotel dan restoran di Provinsi Babel kembali beroperasi

id industri perhotelan

65 hotel dan restoran di Provinsi Babel kembali beroperasi

Industri perhotelan di Belitung kembali beroperasi di tengah pendemi COVID-19 (Aprionis)

Pangkalpinang (ANTARA) - Sebanyak 65 hotel dan restoran di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali beroperasi dengan menerapkan tatanan kehidupan baru "new normal" untuk mencegah penyebaran COVID-19 di negeri serumpun sebalai itu.

"Kami meminta para pelaku perhotelan dan industri khususnya anggota PHRI untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi new normal ini," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Kepulauan Babel, Bambang Patidjaya di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan pandemi COVID-19 di Provinsi Kepulauan Babel telah berdampak terhadap 45 hotel dan 20 restoran menutup usahanya, karena ada pengetatan kunjungan wisatawan dan penutupan objek wisata untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus berbahaya itu.

Selain itu, dampak dari tutupnya hotel dan restoran tersebut 2.850 karyawan dirumahkan perusahaan agar pelaku usaha dapat mempertahankan usahanya di tengah pendemi COVID-19.

"Memasuki new normal ini, pelaku usaha hotel dan restoran harus menerapkan standar operasional baru yang menekankan pada aspek keamanan dan kesehatan tamu serta para karyawan hotel tersebut," katanya.