Pemkot Bandarlampung berikan hibah perlengkapan protokol kesehatan ke KPU

id KPU,Pilkada

Pemkot Bandarlampung berikan hibah perlengkapan protokol kesehatan ke KPU

Sekretaris Kota Bandarlampung, Badri Tamam, saat diwawancarai, Senin. (8/6/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) -
Pemerintah Kota Bandarlampung akan memberikan hibah perlengkapan protokol kesehatan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat terkait penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) menggunakan protokol kesehatan.

"Kami tadi bertemu dengan KPU berbicara terkait penyelenggaraan pilkada, seperti tempat pemungutan suara dan protokol kesehatannya," kata Sekretaris Daerah Kota Bandarlampung, Badri Tamam, di Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak sepakat terkait pendanaan beberapa item yang harus dipenuhi pada pelaksanaan pesta rakyat tersebut yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020.

"Kita juga memberikan hibah kepada KPU terkait protokol kesehatannya yang pembiayaannya akan ditanggung oleh organisasi perangkat daerah (OPD)," kata dia.

Sebab, lanjut dia, hibah ataupun masalah pemenuhan yang bersangkutan dengan protokol kesehatan seperti APD dan tes cepat (rapid test) memang menjadi kewenangan OPD terkait di Pemkot Bandarlampung.

"Misalnya, protokol kesehatan kalau mereka minta rapid test kita akan sediakan dan terdekat nanti pada 15 Juni, hal tersebut guna menjamin bahwa PPK dan PPS sebagai penyelenggara aman dan tidak terindikasi COVID-19," jelasnya.

Selain masalah protokol kesehatan dan TPS, lanjut dia, kedua belah pihak juga membicarakan efisiensi kegiatan oleh KPU.

Badri pun berharap KPU dapat melaksanakan dengan baik teknis pilkada serentak ini dengan meminimalkan kegiatan yang menghimpun banyak orang dan sebagainya.

"Jadi bukan kegiatannya ditiadakan tapi dikurangi sesuai dengan aturan yang berlaku," kata dia.