52 tenaga medis di Papua terpapar corona

id covid papua,covid tenaga medis,penanggulangan covid

52 tenaga medis di Papua terpapar corona

Arsip Foto. Petugas medis merapikan tempat spesimen dalam kegiatan pemeriksaan COVID-19 di Papua. (ANTARA/ Ernes Kakisina)

Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 52 tenaga medis di Papua terpapar virus corona penyebab COVID-19 menurut Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat.
 
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Papua Silwanus Sumule di Jayapura, Minggu malam (7/6), mengatakan sebagian besar tenaga medis yang tertular virus corona sudah sembuh, tinggal beberapa yang menjalani perawatan di rumah sakit.

Ia menekankan pentingnya kejujuran warga dalam menyampaikan informasi perihal gangguan kesehatan mereka kepada tenaga medis serta disiplin menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penularan virus corona di kalangan tenaga medis, yang harus menjalankan tugas di garda terdepan upaya penanggulangan COVID-19.

"Tenaga medis merupakan garda terakhir sedangkan garda terdepan adalah masyarakat sehingga diharapkan mematuhi protokol kesehatan terkait COVID-19, gunakan masker, jaga jarak, dan mencuci tangan," kata Sumule.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari mengatakan bahwa ada puskesmas yang harus ditutup sementara karena sebagian petugas kesehatannya terpapar virus corona.

Ia mengatakan bahwa ada 45 petugas medis puskesmas yang terpapar virus corona, lima di antaranya dikonfirmasi positif tertular COVID-19. Petugas kesehatan yang positif COVID-19 kini menjalani perawatan di rumah sakit, dan 40 orang yang masih menunggu hasil pemeriksaan lanjutan menjalani karantina mandiri.