Kemenag Bandarlampung ajak jamaah calhaj tidak tarik dana haji

id COVID-19,Wuhan

Kemenag Bandarlampung ajak jamaah calhaj tidak tarik dana haji

Kepulangan jamaah haji 2019 asal Lampung. Jumat. (5/6/2020). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Bandarlampung (ANTARA) -

Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Bandarlampung mengajak jamaah calon haji yang batal berangkat tidak menarik dana haji yang telah dilunasinya agar mereka mendapatkan nilai manfaatnya.

"Dana yang sudah disetorkan inikan mengendap satu tahun dan akan dikelola BPKH kemudian nilai manfaatnya akan dikembalikan ke para jemaah misalnya akan mendapatkan bunga dalam jumlah tertentu," kata Kasi Perjalanan Haji dan Umroh Kemenag Kota Bandarlampung Abdul Basid, di Bandarlampung, Jumat.

Menurutnya, akan lebih baik dan aman kalau jamaah tidak menarik dana hajinya sebab jika mereka menariknya tentunya harus melunasinya kembali tahun depan.

Namun, kata dia, apabila mereka ingin mengambil uangnya para jemaah harus datang ke Kantor Kemenag Bandarlampung ke bagian PHU kemudian akan di proses secara administrasi.

"Uang mereka jika tidak ditarik amanlah tidak diutak-atuk tapi jika ingin ditarik akan dikirimkan ke rekeningnya masing-masing setelah melalui administrasi," kata dia.

Dia menjelaskan bahwa setelah keberangkatan haji dibatalkan oleh pemerintah pusat skema penanganan jamaah yang sudah melunasi tahun ini mereka akan secara otomatis berangkat tahun depan.

"Jamaah kita ada 1.318 orang yang sudah lunas, tinggal kita lihat tahun depan apakah biayanya masih sama atau berubah karena ini tidak diatur di Keputusan Menteri Agama (KMA)," kata dia.

Ia mengatakan bahwa apabila bicara dananya masih sama artinya para jamaah tidak melunasinya lagi dan otomatis berangkat tahun depan tinggal mencetak buku baru di bank.

Namun, lanjut dia, bila dalam perjalanannya jamaah ada yang meninggal dunia porsinya bisa dilimpahkan ke ahli waris sehingga yang akan berangkat yakni bisa suami atau istrinya, anak kandung dan adiknya.

 
Pewarta :
Editor : Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar