Labkesda Lampung telah periksa 765 sampel swab PCR

id Corona, swab, PCR

Labkesda Lampung telah periksa 765 sampel swab PCR

Ketua UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung Leni Yurina, Bandarlampung, Kamis 4/6/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung telah memeriksa 765 sampel swab COVID-19 dalam 12 hari terakhir.

"Alat Polymerase Chain Reaction sampai ini telah mampu melakukan uji sampel hingga 765 swab pasien COVID-19," kata Ketua UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampung Leni Yurina, di Bandarlampung, Kamis. 

Ia menjelaskan, dari jumlah total 765 sampel swab, sebanyak 722 sampel dinyatakan negatif dan 43 sampel swab dinyatakan positif COVID-19. 

"Semua tenaga kesehatan saat ini sangat bersemangat mengerjakan uji sampel, berapa pun sampel yang datang akan langsung di proses, awal hanya 13 sampel dan saat ini telah ada 79 hingga 88 sampel dalam satu hari yang diperiksa," katanya. 

Ia mengatakan, bila alat ekstraksi telah datang, maka uji sampel swab diharapkan akan lebih cepat di proses. 

"Kita kan selama ini masih melakukan ekstraksi secara manual, diharapkan bila alat ekstraksi datang akan semakin mempercepat proses, sebab saat ini kami memiliki 12 tenaga kesehatan di Labkesda yang selalu siap menerima dan memproses sampel swab," katanya. 

Menurutnya, dalam proses pemeriksaan sampel swab kedua belas tenaga kesehatan yang ada di Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Lampung akan dibagi menjadi dua sif. 

"Kita bagi menjadi dua sif bagi tenaga kesehatan yang memeriksa agar proses tetap berjalan, dan saat ini mereka bersemangat bekerja dari pagi hingga sore agar pemeriksaan semakin cepat," katanya. 

Selama operasional alat Polymerase Chain Reaction pada 14 Mei hingga 4 Juni 2020 telah terjadi peningkatan jumlah sampel swab yang diuji untuk mempercepat penanganan COVID-19.