96 pasien COVID-19 di Riau sembuh dan sudah dipulangkan

id pasien sembuh covid,covid riau,covid pekanbaru,covid 19

96 pasien COVID-19 di Riau sembuh dan sudah dipulangkan

Seorang warga menahan sakit saat pengambilan spesien tes swab COVID-19 di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (4/6/2020). ANTARA/FB Anggoro

Pekanbaru (ANTARA) - Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Riau menyebutkan sudah ada 96 pasien positif COVID-19 di Provinsi Riau yang sudah sembuh dan dipulangkan, dari totol  117 kasus yang ditemukan.

Kepala Dinas Provinsi Riau Mimi Yuliana Nazir di Pekanbaru, Kamis mengatakan dari 117 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 kini tinggal 15 pasien yang masih dirawat.

Ada  96 pasien dinyatakan sembuh, dan yang meninggal enam orang.

“Kabar baiknya jumlah pasien yang sembuh terus bertambah,” ujarnya.

Ia mengatakan ada terakhir ada empat pasien positif yang dinyatakan sembuh. Mereka semua berasal dari Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pasien sembuh tersebut antara lain berinisial M (40), R (63), DH (11), dan N (57).

Meski dalam beberapa hari terakhir tidak ada penambahan kasus positif COVID-19, Mimi meminta warga untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan wabih mengenakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan menjauhi kerumunan orang.

“Kuncinya adalah disiplin diri untuk menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan, semoga Riau seterusnya tidak ada penambahan kasus positif COVID-19, “ ujarnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Pekanbaru menyatakan seluruh pasien positif COVID-19 sudah sembuh. Sebelumnya, total ada 40 kasus positif di Pekanbaru, dan 36 pasien sudah sembuh sedangkan yang meninggal dunia ada empat orang.

“Pekanbaru kini sudah turun dari zona merah ke zona kuning,” kata Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, saat tes Rapid Tes masal di Kelurahan Tangkerang, Kamis.

Ia mengatakan pemerintah daerah tetap menggelar rapid test masal untuk bisa menemukan warga yang diduga tertular Virus Corona jenis baru namun tidak menunjukan gejala. Dalam pelaksaan tes setengah hari tersebut, didapati 17 orang hasil rapid test yang reaktif.

Mereka yang hasilnya reaktif langsung menjalani tes swab untuk mengambil spesimen yang akan diperiksa di Lab Biomolekuler RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru.

Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar