Rupiah pada Rabu sore menguat dekati level psikologis Rp14.000 per dolar

id Rupiah,Dolar,Kurs

Rupiah pada Rabu sore  menguat dekati level psikologis Rp14.000 per dolar

Seorang teller PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah uang rupiah yang baru diterima dari nasabah di kantor BNI Cabang Kupang, NTT (3/6/2020). BNI Cabang Kupang mulai mempersiapkan diri menuju normal baru dengan mulai memasang papan pelindung, penyemprotan uang nasabah dan keranjang uang saat bertransaksi dengan nasabah untuk mencegah penyebaran COVID-19.ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu sore, menguat mendekati level psikologis Rp14.000 per dolar AS.

Rupiah ditutup menguat 320 poin atau 2,22 persen menjadi Rp14.095 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.415 per dolar AS.

Analis Central Capital Futures Wahyu Laksono di Jakarta, Rabu, mengatakan penguatan rupiah lebih dominan didorong oleh faktor global khususnya terkait kurang kondusifnya situasi di Amerika Serikat sehingga dolar tertekan.

"Faktor domestik hanya isu samping yang kebetulan memang tidak seburuk dugaan. Justru AS yang memburuk, oleh isu COVID-19 dan kerusuhan," ujar Wahyu.

Demonstrasi dan kerusuhan telah menyebar ke kota-kota di seluruh AS setelah kematian seorang warga Afrika-Amerika George Floyd. Hal itu telah memicu kekhawatiran tentang percepatan kembali tingkat infeksi COVID-19 dan meredam pemulihan ekonomi, menurut beberapa ahli.

Sentimen positif bagi rupiah lainnya yaitu pembukaan kembali perekonomian di beberapa negara pandemi dan rencana normal baru di Indonesia.

Menurut Wahyu, rupiah berpotensi menguat menembus level psikologis Rp14.000 per dolar AS dalam pekan ini.

"Rupiah sangat mungkin menyentuh Rp14.000, bahkan di bawah itu," kata Wahyu.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah di posisi Rp14.233 per dolar AS. Sepanjang hari, rupiah bergerak di kisaran Rp14.095 per dolar AS hingga Rp14.233 per dolar AS.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu menunjukkan, rupiah menguat menjadi Rp14.245 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.502 per dolar AS.