Lampung siapkan standar operasional pariwisata di masa normal baru

id Corona, pariwisata, normal baru

Lampung siapkan standar operasional pariwisata di masa normal baru

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Edarwan. (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung menyiapkan standar operasional sektor pariwisata, bila skema normal baru diterapkan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Edarwan saat di hubungi di Bandarlampung, Senin mengatakan, standar operasional sektor pariwisata tersebut akan di gunakan sebagai fondasi perumusan kebijakan kepariwisataan.

"Untuk saat ini kami dalam tahap diskusi dan meminta pendapat kepada sejumlah stakeholder, belum ada rencana untuk membuka secara resmi tempat wisata sebab hal tersebut wewenang pemerintah," katanya.

Ia mengatakan, prioritas utama yang dilakukan untuk sektor pariwisata ialah menjamin kesehatan, kenyamanan dan keamanan pengunjung objek wisata serta karyawan.

"Di masa pandemi COVID-19 banyak sekali perubahan yang terjadi seperti prilaku keseharian, sehingga untuk mempersiapkan era normal baru kami mencoba merumuskan pola baru sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini," ucapnya.

Menurutnya, salah satu pola yang akan diterapkan ialah menjadikan protokol kesehatan sebagai salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan dan dipatuhi oleh semua pelaku usaha pariwisata serta pengunjung.

"Kami berharap semua pelaku usaha perhotelan, restoran, objek wisata serta pengunjung dapat mematuhi semua protokol kesehatan bila nanti skema normal baru diterapkan di sektor pariwisata," katanya lagi.

Baca juga: Hotel di Lampung berbenah menyambut normal baru
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar