Delapan tenaga kesehatan di Kalteng terinfeksi virus corona

id kasus positif kalteng,Positif COVID-19 di Kalteng bertambah

Delapan  tenaga kesehatan di Kalteng terinfeksi virus corona

Peta sebaran COVID-19 Kalteng, Sabtu (30/5/2020).ANTARA/HO-Gugus Tugas Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kalimantan Tengah merilis data terbaru pada Sabtu (30/5) dan menyatakan kembali terjadi penambahan sebanyak 31 kasus positif dan delapan di antaranya merupakan tenaga kesehatan.

"Riwayat pasien positif baru hari ini, diantaranya tenaga kesehatan hingga 'rapid test' reaktif," kata Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kalteng Sugianto Sabran, melalui Wakil Ketua Harian Suyuti Syamsul saat dihubungi dari Palangka Raya.

Ia menjelaskan, selama dua hari berturut-turut angka konfirmasi positif COVID-19 berjumlah 61 orang, yakni Jumat (29/5) sebanyak 30 kasus dan hari ini 31 kasus.

Banyaknya angka positif ini, diharapkan mewakili 'case finding rate' yang lebih bagus sehingga sumber penularan dapat dipetakan cepat. Hal ini didukung oleh fakta, banyaknya konfirmasi positif bersumber dari hasil 'rapid test' reaktif.

"Untuk tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut, diantaranya ada dokter, perawat dan tenaga administrasi," ungkapnya.

Adapun penambahan 31 kasus positif baru tersebut, berasal dari Palangka Raya dua orang, Kotawaringin Barat 15 orang, Lamandau tujuh orang, Sukamara satu orang, serta Kapuas enam orang.

Sedangkan pasien sembuh sebanyak empat orang, berasal dari Palangka Raya satu orang, Kotawaringin Timur satu orang, serta Murung Raya dua orang. Juga terjadi penambahan pasien meninggal akibat COVID-19 sebanyak dua orang dari Palangka Raya.

Secara kumulatif, positif COVID-19 Kalteng sebanyak 397 kasus, terdiri dari 214 dalam perawatan, 164 sembuh dan 19 meninggal. Pasien dengan pengawasan (PDP) 69 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 196 orang, serta orang tanpa gejala (OTG) 1.350 orang.

Rincian 397 kasus positif di Kalteng, berasal dari Murung Raya 44 orang, terdiri dari 18 dalam perawatan dan 26 sembuh, Palangka Raya 103 orang, terdiri dari 45 dalam perawatan, 53 sembuh dan lima meninggal, Katingan 22 orang, terdiri dari 13 dalam perawatan dan sembilan sembuh, serta Kotawaringin Timur 20 orang, terdiri dari lima dalam perawatan, 13 sembuh dan dua meninggal.

Kotawaringin Barat 70 orang, terdiri dari 47 dalam perawatan dan 23 sembuh, Lamandau 11 orang, terdiri dari sembilan dalam perawatan dan dua sembuh, Sukamara dua orang dan semua dalam perawatan, Seruyan empat orang, terdiri dari dua dalam perawatan dan dua sembuh, Pulang Pisau tujuh orang, terdiri dari dua dalam perawatan dan lima sembuh.

Kapuas 83 orang, terdiri dari 62 dalam perawatan, 10 sembuh dan 11 meninggal, Gunung Mas tiga orang, terdiri dari satu dalam perawatan dan dua sembuh, Barito Selatan 15 orang, terdiri dari enam dalam perawatan dan sembilan sembuh, Barito Timur sembilan orang, terdiri dari satu dalam perawatan, tujuh sembuh dan satu meninggal, serta Barito Utara emat orang, terdiri dari satu dalam perawatan dan tiga dinyatakan sembuh.