Darmajaya gelar pelatihan strategi kuliah sambil bekerja

id Dj, darmajaya, youtube

Darmajaya gelar pelatihan strategi kuliah sambil bekerja

Darmajaya menggelar pelatihan daring. (Antaralampung.com/Istimewa)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar pelatihan dalam jaringan (daring) tentang strategi kuliah sambil bekerrja dan membangun studio di Youtube.

Pelatihan disampaikan Kepala UPT Pelatihan, Sabam Parjuangan, selama dua jam melalui zoom meeting dengan diikuti puluhan peserta.

Sabam juga memberikan tips untuk menghasilkan konten yang baik dan bermanfaat dalam Youtube.

“Kuliah sambil kerja merupakan pilihan yang terbaik dalam pandemi COVID-19. Menjadi youtuber dan digital content creator, menjadi salah satu pekerjaan yang tepat untuk dijalani sembari kuliah karena dalam masa kuliah banyak ide yang bisa dituangkan,” katanya, Sabtu.

Dia melakukan konsep SMART dalam menghasilkan konten video yang baik di Youtube harus spesifik dan tidak mengambang.

Lalu, measurable yakni terukur memiliki batas awal dan akhir serta tidak terlalu panjang karena video yang baik terdiri dari satu menit sampai tiga menit.

“Relevansi merupakan unsur yang paling penting dalam membuat konten di Youtube. Hal ini karena bila tidak sesuai dengan kondisi saat ini atau kekinian maka viewer juga tidak tertarik untuk menontonnya,” kata dia.

Dia menambahkan konsisten dalam menghasilkan konten juga membuat viewer akan tertarik untuk tetap menonton channel youtube. Konten yang dihasilkan harus mematuhi aturan hukum yang berlaku. Dengan kondisi pandemi COVID-19 banyak konten hiburan bukan serius yang memiliki jumlah viewer banyak.

Rektor IIB Darmajaya, Firmansyah mengatakan pelatihan yang digelar untuk pengajaran kepada anak-anak milenial yang terbiasa dengan gadget.


 “Membuat video yang bermanfaat dan tata cara menghasilkan konten secara kontinu juga diberikan oleh pembicara. Karena dosen IIB Darmajaya juga selalu mengupgrade kemampuannya sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini,” katanya.

Dengan pelatihan daring tersebut diharapkan juga peserta dapat mengimplementasikannya dengan baik. Peserta yang ingin memiliki kemampuan mumpuni menjadi content creator atau youtuber juga dapat bergabung di IIB Darmajaya.

"Kampus The Best IIB Darmajaya telah menghasilkan lulusan yang juga terkenal dalam content creatornya seperti Ikram Afro,” katanya lagi.