Korut dukung China berlakukan UU keamanan nasional di Hong Kong

id Korea Utara,dukung China,UU keamanan nasional di Hong Kong

Korut dukung China berlakukan UU keamanan nasional di Hong Kong

Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un (kanan) dan Presiden China Xi Jinping melambaikan tangan kepada masyarakat yang menyambut Xi saat ia tiba di bandara internasional Pyongyang, Korut. Foto tanpa tanggal ini dirilis pada Jumat (21/6/2019) oleh kantor berita Korea Utara KCNA. ANTARA FOTO/KCNA via REUTERS/pras.

Seoul (ANTARA) - Korea Utara pada Sabtu menyampaikan dukungannya terhadap keputusan China untuk menerapkan UU keamanan nasional di Hong Kong.

Korut menyebut keputusan itu sebuah "langkah sah" untuk melindungi keamanan negara.

"Karena masalah Hong Kong merupakan isu yang sepenuhnya berkaitan dengan urusan dalam negeri China, tak ada negara atau kekuatan apa pun yang memiliki hak untuk mengatakan ini atau itu mengenai isu tersebut," demikian Kantor Berita KCNA Korut mengutip perwakilan Kementerian Luar Negeri Korut.

"Kami secara tegas menentang dan menolak campur tangan asing yang merusak keamanan serta perkembangan sosial dan ekonomi Hong Kong."

Pernyataan Korut muncul setelah Beijing pekan ini menerapkan UU keamanan nasional baru terhadap Hong Kong, yang menurut sejumlah pihak dapat mengekang kebebasan di bekas koloni Inggris tersebut.

Pernyataan negara itu juga datang ketika Presiden AS Donald Trump menggencarkan konfrontasinya dengan China, dengan bersumpah akan mengakhiri status perdagangan khusus wilayah tersebut dengan AS.

Korut sebelumnya mendukung Beijing atas protes di Hong Kong dan kebijakan "satu negara, dua sistem" China.

Sumber: Reuters
Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar