Nagari Katiagan Pasaman Barat pasangi portal jalan tutup akses ke objek wisata

id Portal jalan,wisata pasaman

Nagari Katiagan Pasaman Barat pasangi portal jalan tutup akses ke objek wisata

Walinagari Katiagan atau Kepala Desa Katiagan Kecamatan Kinali Pasaman Barat Endang Putra bersama tim Satgas Pencegahan Penyebaran COVID-19 Nagari Katiagan memportal jalan masuk ke daerah itu antisipasi kunjungan ke objek wisata.

Kami berkomitmen bagi pengunjung yang datang dari luar ingin masuk Katiagan kami suruh balik kanan apalagi menuju objek wisata
Simpang Empat,- (ANTARA) - Nagari Katiagan Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) memportal jalan menuju daerah itu untuk memutus akses pengunjung pergi ke objek wisata yang ada selama libur Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah.

"Kami berkomitmen bagi pengunjung yang datang dari luar ingin masuk Katiagan kami suruh balik kanan apalagi menuju objek wisata. Hal itu dilakukan untuk antisipasi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19)," tegas Walinagari atau Kepala Desa Katiagan Endang Putra, Selasa (26/5).

Ia mengatakan pihaknya membuat portal di posko COVID-19 Nagari Katiagan tepatnya di depan halaman kantor Walinagari Katiagan.

"Sebelumnya kami telah membentuk tim Satgas Pencegahan Penyebaran COVID-19. Di posko itulah kami pihak nagari, pemuda, tim medis dan di dukung oleh pihak Polsek Kinali dan BPBD Pasaman Barat menyuruh pengunjung balik kanan," katanya.
Baca juga: Pemkot Pariaman pasang pagar jalan masuk objek wisata masih ditutup


Ia menyebutkan Nagari Katiagan berkomitmen sesuai arahan pemerintah pusat, propinsi dan kabupaten untuk memutus rantai penyebaran COVID-19

Untuk itu pihaknya menghambat mobilisasi masyarakat dari luar Nagari Katiagan masuk atau berkunjung baik yang memakai mobil maupun sepeda motor.

"Kami punya komitmen selain warga yang punya Kartu Tanda Penduduk (KTP) Nagari Katiagan kami larang untuk sementara waktu untuk memasuki Katiagan walaupun dengan berbagi alasan," tegasnya.

Ia juga menemui pengunjung dengan berbagai alasan membujuk petugas agar bisa lolos. Tetapi, pihaknya tidak bergeming dan menyuruh pengunjung itu putar balik kanan.

"Tujuan mereka jelas ke objek wisata yang ada. Kami sampaikan bahwa objek wisata yang ada ditutup untuk sementara waktu karena COVID-19. Kami juga memberikan pemahaman kepada mereka agar waspada COVID-19 dan tidak pergi berkunjung ke objek wisata untuk sementara waktu," katanya.

Ia menambahkan di Nagari Katiagan memang memiliki sejumlah objek wisata yang indah dan selalu ramai dikunjungi setiap libur lebaran.

Diantara objek wisata yang ada itu adalah objek wisata Jembatan Taluak Batiang yang memiliki keunikan.

Jembatan itu memiliki panjang 180 meter. Kalau pasang surut seluruh air sekitar Jembatan Taluak Batiang kering seperti gurun pasir yang terdampar. Hal inilah yang menjadi daya tarik pengunjung untuk berfoto-foto dan bersantai.

Selain itu juga Pantai Muaro Binguang yang memiliki hamparan pasir dan pemandangan yang indah juga ditutup untuk sementara waktu.

"Kami berharap sangat agar sementara waktu pengunjung tidak datang ke Katiagan sebagai antisipasi penyebaran COVID-19," katanya berharap. 
Baca juga: Meski objek wisata Pariaman ditutup saat Lebaran, pedagang tetap jualan
 
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar