Dinkes Lampung: Jadikan New normal sebagai gaya hidup masyarakat

id Corona, new normal

Dinkes Lampung: Jadikan New normal sebagai gaya hidup masyarakat

Ilustrasi - Keadaan new normal ditengah masyarakat dimasa pandemi COVID-19. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengajak masyarakat untuk menjadikan new normal sebagai gaya hidup baru di dalam kehidupan keseharian.

"Saat ini pemerintah tengah menyiapkan skema dimana kita hidup dalam tatanan hidup yang baru di tengah pandemi COVID-19, sehingga hal tersebut harus menjadi gaya hidup baru kita," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana di Bandarlampung, Selasa.

Skema new normal diharapkan dapat menjadi gaya hidup baru ditengah masyarakat agar kehidupan dapat terus berjalan meski di tengah pandemi COVID-19.

"Mungkin ada sebagian orang yang kurang terbiasa untuk menerapkan tatanan hidup yang baru seperti menggunakan masker ataupun menghindari kerumunan setiap hari sebagai gaya hidup, namun hal tersebut harus dilaksanakan dengan disiplin agar kehidupan kita bisa terus berlanjut," katanya.

Tatanan hidup yang baru atau new normal yang harus dilakukan oleh masyarakat yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dalam kehidupan keseharian.

"New normal bukan menjadikan kita mengubah seluruh tatanan kehidupan, namun kita beradaptasi dengan keadaan yang ada dan menerapkan beberapa kebiasaan baru dalam menjalankan aktivitas normal, sebab kita tidak tahu kapan pandemi akan usai, sehingga setiap akan beraktivitas di luar rumah masker harus selalu dikenakan, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan, melakukan pola hidup sehat penting untuk terus dilakukan dan menjadi gaya hidup kita," ujarnya.

Menurutnya, meski Provinsi Lampung tidak dipilih sebagai daerah percontohan untuk penerapan new normal, masyarakat Lampung juga perlu menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mengantisipasi persebaran COVOD-19.

"Lampung tidak termasuk empat Provinsi percontohan new normal, namun kita juga harus siap melaksanakan hal yang sama, sebab tanpa disadari kita telah melakukan hal tersebut dan perlu meningkatkan kedisiplinan diri menerapkan semua protokol kesehatan di dalam kehidupan keseharian," katanya.
 
Pewarta :
Editor : Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar