Makan Konate berlebaran dari jauh dengan keluarga

id Persebaya, makan konate, liga 1

Makan Konate berlebaran dari jauh dengan keluarga

Pemain Persebaya Surabaya Makan Konate. ANTARA/HO/Persebaya

Jakarta (ANTARA) - Pemain asing Persebaya Surabaya, Makan Konate terpaksa harus berlebaran dari jauh dengan keluarga karena pemain dengan posisi gelandang itu tidak bisa pulang ke kampung halamannya di Mali.

Tidak bisa pulangnya mantan pemain Arema FC itu seperti dilansir laman resmi tim yang dipantau dari Jakarta, Minggu karena terkendala pandemi COVID-19 dan Konate hanya bisa bertahan di apartemennya.

"Lebaran tahun ini saya stay di apartemen aja, telepon sama keluarga dan video call sama istri," kata Konate.

Pemilik nomor punggung 10 tersebut menceritakan bahwa tradisi Lebaran atau Idul Fitri di Indonesia dengan di Mali memiliki perbedaan. Menurutnya lebaran di Mali bersifat lebih internal di masing-masing keluarga.

"Lebaran di Mali beda dengan di Indonesia karena di Mali Idul Adha itu lebih celebrate. Di Mali kalau Idul Fitri habis dari sholat semua keluarga kumpul di rumah salaman keluarga dekat dari yang jauh semua makan-makan bersama juga," kata Konate menambahkan.

Ada tradisi yang dirindukan oleh Konate dari lebaran di Mali. Salah satunya makanan khas Mali. Jika biasanya Konate memasak sendiri makanan untuk berbuka dan sahur, khusus menu lebaran dirinya mengaku tidak bisa membuatnya.

"Lebaran saya biasa makan nasi sama sup ayam. Tapi di sini saya tidak bisa bikinnya," kata mantan pemain Persib Bandung itu sembari tertawa.

Selain berbicara soal Lebaran, pemain 28 tahun itu pun berharap apa yang terjadi saat ini yaitu pandemi COVID-19 segera berakhir dan kompetisi Liga 1 musim 2020 segera bergulir kembali.