HK salurkan hasil penggalangan dana dan THR untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19

id Lampung, hutama karya, covid 19, virus corona

HK salurkan hasil penggalangan dana dan THR untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19

Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak COVID-19. (Antaralampung/HO)

Total bantuan tahap pertama adalah senilai Rp5,2 miliar
Bandarlampung (ANTARA) - PT Hutama Karya (HK) menyalurkan bantuan serentak tahap pertama berupa uang tunai dan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak serta beberapa lembaga yang berkontribusi aktif dalam penanganan dan pencegahan pandemi COVID-19.

Penyaluran bantuan ini sejalan dengan arahan konkret Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk melakukan realokasi tunjangan hari raya (THR) tahun 2020 Direksi dan Dewan Komisaris Hutama Karya baik di kantor pusat, anak perusahaan, hingga afiliasi untuk kegiatan dan atau donasi kemanusiaan terkait penanggulangan COVID-19.

"Secara sukarela, seluruh direksi baik di kantor pusat, anak perusahaan, dan afiliasi, hingga seluruh pegawai Hutama Karya menyisihkan sebagian dari gaji bulanan mereka selama 3 bulan yang dimulai sejak bulan April hingga Juni mendatang melalui program penggalangan dana 'Hutama Karya Menghubungkan Kebaikan' sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian insan Hutama Karya pada pencegahan COVID-19," kata Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Muhammad Fauzan, melalui keterangan pers yang diterima di Bandarlampung, Kamis.

Menurutnya, program penggalangan dana ini digunakan untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19 mulai dari kalangan pegawai, warga sekitar kantor pusat Hutama Karya, hingga masyarakat di sekitar proyek yang dikerjakan Hutama Karya di seluruh Indonesia terutama di proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

"Total bantuan tahap pertama adalah senilai Rp5,2 miliar yang disalurkan dalam bentuk uang tunai dan paket sembako kepada lebih dari 3.000 anggota masyarakat serta kepada lebih dari 100 lembaga, seperti rumah sakit, puskesmas, pondok pesantren, posko tanggap darurat, yayasan yatim piatu, hingga tempat ibadah," katanya pula.

Selain itu, program ini dapat terealisasi atas dukungan dari seluruh unit kerja dan anak perusahaan di lingkungan Hutama Karya, seperti Hakaaston, HK Realtindo, dan HK Infrastruktur, serta dari jajaran direksi hingga komisaris.

"Program ini menjadi bentuk ungkapan rasa syukur kami yang masih dapat menjalankan ibadah Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri dengan rezeki yang cukup, sehingga kami rasa perlu untuk berbagi sebagai bentuk empati kami terhadap lingkungan dan masyarakat khususnya yang sedang dalam masa sulit imbas pandemi COVID-19 yang semakin meluas. Mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat bagi mereka yang menerimanya," ujarnya lagi.
Baca juga: Fauzan: Tak ada pegawai HK yang positif COVID-19


Hutama Karya sangat peduli terhadap wabah yang saat ini merebak di Tanah Air.

"Alhamdulillah seluruh pegawai Hutama Karya ingin berpartisipasi, juga mendukung penuh program ini. Mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat membantu seluruh masyarakat yang terdampak, hingga pemerintah dalam memerangi COVID-19," kata dia.

Ia mengatakan bahwa penyaluran bantuan oleh Hutama Karya ini tidak akan berhenti sampai di sini. HK akan terus menyalurkan bantuan sebagai komitmen perusahaan untuk terus hadir dalam memerangi COVID-19.

Ridwan, salah satu penerima bantuan yang juga warga sekitar Gedung Kantor Pusat HK mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan serta menyampaikan kesan positif atas kegiatan ini.

"Kami akan memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan sehari-hari. Semoga apa yang telah dilakukan Hutama Karya di sini dapat menjadi amal ibadah yang akan selalu mengalir dan bermanfaat," ujarnya pula.

H Mulyadi Yakub selaku pengasuh Pondok Pesantren Al-Ya’qubiyah juga menyampaikan hal serupa atas bantuan yang diterima.

"Apresiasi kami kepada Hutama Karya atas bantuan yang diberikan khususnya di tengah kondisi pandemi COVID-19 sehingga santri-santri kami dapat menjalankan ibadah puasa dan meNyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah dengan kebutuhan yang cukup," ujar Yakub.

Muhammad Ashar, salah satu pegawai Hutama Karya yang menjabat sebagai Asisten Manajer Divisi Pengembangan Bisnis dan Investasi menyatakan dukungannya terhadap program penggalangan dana tersebut.

"Bagi saya yang penting kita bisa membantu masyarakat yang terdampak dalam melalui situasi sulit ini. Semoga mereka diberikan kesehatan selalu," ujar Ashar.
Baca juga: HK lakukan donasi dan kreasi untuk sumbang APD
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar