Sujadi : Pringsewu tidak gelar shalat ied di lapangan dan masjid

id Lampung, pringsewu, virus corona

Sujadi : Pringsewu tidak gelar shalat ied di lapangan dan masjid

Bupati Pringsewu, Provinsi Lampung, Sujadi mengatakan tidak akan menyelenggarakan shalat Id baik di masjid maupun lapangan di Kabupaten Pringsewu. Hal tersebut disampaikannya saat mengikuti Rakor Virtual melalui Video Conference penganganan dan penegakan protokol keehatan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 bersama Gubernur Lampung dan jajaran Forkopimda Lampung. (Foto : Antaralampung/doc Pemkab Pringsewu)

Bandarlampung (ANTARA) - Bupati Pringsewu, Provinsi Lampung, Sujadi mengatakan tidak akan menyelenggarakan shalat Ied baik di masjid maupun lapangan di Kabupaten Pringsewu. Hal tersebut disampaikannya saat mengikuti Rakor Virtual melalui Video Conference penanganan dan penegakan protokol kesehatan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 bersama Gubernur Lampung dan jajaran Forkopimda Lampung.

“Risiko shalat Id berjamaah di masjid atau lapangan di masa pandemi COVID-19 menjadi keyakinan bagi pihaknya bahwa tidak ada shalat Id di masjid atau lapangan di Kabupaten Pringsewu, namun shalat Id di rumah saja,” kata Sujadi, di Pringsewu, Rabu.

Menurutnya dengan tidak shalat Id di lapangan dan masjid ini berarti menjaga satu nyawa sama saja dengan menjaga semua nyawa, dan begitupun sebaliknya, menghilangkan satu nyawa sama dengan menghilangkan semua nyawa. 

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Kapolres Pringsewu beserta jajaran dan lembaga lainnya. Terkait rapid test, saat ini sedang dalam proses di Kabupaten Pringsewu, dan bahkan sedang dipersiapkan ex bangunan RSUD Pringsewu sebagai tempat isolasi.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pada kesempatan tersebut juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Pringsewu dan jajaran Pemkab Pringsewu atas inisiasi untuk tidak menyelenggarakan shalat Id di masjid atau lapangan, melainkan shalat Id di rumah masing-masing, mengingat risiko tertular COVID-19 yang cukup besar saat pandemi sekarang ini.

Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto mengimbau masyarakat untuk melaksanakan shalat Id di rumah saja. Namun demikian imbauan ini dilakukan secara masif dan disosialisasikan juga melalui media baik cetak, media sosial dan lainnya. Menurutnya, melaksanakan shalat Id pada masa pandemi di lapangan atau masjid sangat riskan dan memiliki resiko yang sangat besar.