Pemkab Belitung bertahap buka kembali destinasi wisata, pulihkan sektor wisata

id wisata,wisata belitung

Pemkab Belitung bertahap buka kembali destinasi wisata, pulihkan sektor wisata

Salah satu objek wisata di Belitung yang ditutup sementara (ANTARA/kasmono)

Jadi akan kami buka bertahap tidak sekaligus jadi sedikit demi sedikit kalau kami buka sekaligus khawatir ada yang tidak disiplin
Belitung,Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan membuka kembali destinasi wisata di daerah itu secara bertahap sebagai upaya pemulihan ekonomi pariwisata akibat pandemi virus corona baru atau COVID-19.

"Jadi akan kami buka bertahap tidak sekaligus jadi sedikit demi sedikit kalau kami buka sekaligus khawatir ada yang tidak disiplin," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, setiap destinasi wisata yang dibuka kembali nantinya diharapkan dapat menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19 kepada para wisatawan atau pengunjung lainnya.
Baca juga: Tingkatkan kunjungan wisatawan, Pemkab Belitung siapkan puluhan kegiatan pariwisata hingga Mei 2020


Dia mengatakan, menyambut Idul Fitri 1441 Hijriah pihaknya berencana membuka kembali sejumlah objek wisata pantai seperti kawasan wisata pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang yang sebelumnya ditutup sebagai antisipasi penyebaran virus COVID-19.

"Rencananya objek wisata alam yang dikelola oleh kelompok masyarakat seperti kawasan wisata Gunung Peramun, Hkm Gusong Bugis Juru Seberang dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Namun pihaknya belum berencana untuk membuka kawasan wisata pantai Tanjung Pendam dan sejumlah Tempat Hiburan Malam (THM) di daerah itu.

Selain itu memberikan izin keramaian pada Hari Raya Idul Fitri seperti penampilan hiburan musik oleh artis lokal maupun lainnya.

"Itu (THM) nanti dulu belum bisa kami izinkan buka tapi objek wisata mulai buka kembali," ujarnya.
Baca juga: Wagub Babel tinjau abrasi di Pantai Serdang Belitung TimurBaca juga: Wagub Babel tinjau abrasi di Pantai Serdang Belitung Timur