Tujuh pasien COVID-19 di Sulawesi Tengah sembuh

id Pasigala ,Sulteng ,Antara ,Sandi ,Corona,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid

Tujuh pasien COVID-19 di Sulawesi Tengah sembuh

Ilustrasi - Virus Corona. ANTARA/Shutterstock/pri. (ANTARA/Shutterstock)

Tujuh orang yang sembuh itu merupakan warga Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Morowali

Palu (ANTARA) - Tim Penanganan COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah mencatat pada 13 Mei 2020, terdapat tujuh pasien pengidap virus corona jenis baru atau COVID-19 dinyatakan sembuh oleh dokter dan tim medis yang menangani.

Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulteng Muhammad Haris Kariming di Palu, Rabu menjelaskan tujuh orang yang sembuh itu merupakan warga Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Morowali.

"Sebanyak lima orang warga Palu, satu orang warga Kabupaten Sigi dan satu orang warga Morowali. Dari tujuh orang itu, tiga orang sempat dirawat di RSU (Rumah Sakit Umum) Anutapura dan empat dirawat di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Undata di Kota Palu," katanya.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 berisiko alami fibrosis

Namun, sembuhnya tujuh orang dari infeksi virus yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China, itu juga dibarengi dengan bertambahnya jumlah warga positif COVID-19.

"Antara lain lima orang warga Kabupaten Buol yang saat ini dirawat di RS (Rumah Sakit) Pratama Buol," ujarnya.

Selanjutnya satu orang merupakan warga Kabupaten Poso yang dirujuk dan dirawat di RSUD Undata Palu.

Baca juga: Kabar baik,12 orang pasien COVID-19 di Kalteng sembuh

Dengan begitu jumlah warga Sulteng yang terinfeksi COVID-19 kini menjadi 101 orang, dengan rincian tiga orang meninggal dunia dan 20 orang sembuh.

"ODP (orang dalam pemantauan) COVID-19 baru tiga orang dan selesai masa pemantauan delapan orang sehingga total ODP saat ini 142 orang," ujarnya.

Sementara pasien dalam pengawasan (PDP) baru, kata Haris, satu orang dan selesai masa pengawasan tiga orang sehingga total 38 orang berstatus PDP.

Baca juga: Tenaga medis RS PHC berbaris sambut enam pasien sembuh COVID-19

Ia mengimbau masyarakat agar mendukung tim surveilans dinas kesehatan kabupaten dan kota dalam melakukan pelacakan dan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien COVID-19 guna memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19.