Pemprov Lampung terima kepulangan pekerja migran Indonesia

id Corona, tenaga migran

Pemprov Lampung terima kepulangan pekerja migran Indonesia

Proses kepulangan tenaga migran serta calon tenaga migran asal Lampung. (ANTARA/HO-Kepala Disnaker)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung telah menerima kepulangan empat calon pekerja migran Indonesia dan enam pekerja migran Indonesia, yang terdampak pandemi COVID-19.

"Kami telah menerima kepulangan sejumlah pekerja migran ke Lampung selama pandemi COVID-19, dan hari ini ada empat orang calon pekerja migran, serta enam orang pekerja migran yang kembali ke Provinsi Lampung," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung Lukmansyah di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan, seluruh pekerja migran dan calon pekerja migran Indonesia asal Lampung yang kembali itu saat ini telah ditempatkan di wisma haji sebagai selter bagi pekerja migran

"Kedatangan mereka berbeda-beda, calon pekerja migran telah datang sejak pukul 06.15 WIB, sedangkan PMI baru datang pukul 10.00 WIB, semua ditempatkan di wisma haji sebelum kembali ke daerah masing-masing," ucapnya.

Ia menjelaskan, keempat calon pekerja migran berasal dari Kabupaten Lampung Timur, dan Lampung Tengah, dengan tujuan negara penempatan di Malaysia dan Singapura, sedangkan enam orang pekerja migran berasal dari Kabupaten Lampung Timur, dan Tulang Bawang, dengan negara asal penempatan dari Malaysia dan Taiwan.

"Semua telah diperiksa kesehatannya di KKP Bandara Soekarno-Hatta, dan di Bekasi dengan hasil nonreaktif dan sehat, dan pukul 11.05 WIB semua telah kembali ke rumah masing-masing," katanya.

Menurutnya, meski telah kembali ke rumah masing-masing, semua calon pekerja migran ataupun pekerja migran tetap melakukan isolasi mandiri selama 14 hari serta dilakukan pengawasan oleh petugas kesehatan.