Tips merawat kulit selama pandemi COVID-19 tanpa ke salon

id Corona, merawat kulit

Tips merawat kulit selama pandemi COVID-19 tanpa ke salon

Dokter Istighfariza Shaqina. (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Sementara Anda tidak mungkin untuk pergi ke salon di tengah pandemi COVID-19, perawatan kulit secara mandiri adalah ide yang baik untuk menjaga kesehatan kulit selain mengisi waktu selama menjalani anjuran di rumah saja.

"Merawat kulit selama pandemi COVID-19 sangat perlu dilakukan, meski kita beraktivitas di dalam rumah," ujar dokter Istighfariza Shaqina saat di hubungi di Bandarlampung, Minggu.

Ia mengatakan, melakukan perawatan kulit secara rutin selama masa pandemi COVID-19 dapat dilakukan secara mandiri di rumah tanpa harus pergi ke salon kecantikan.

"Semua bisa dilakukan di rumah tanpa ke salon kecantikan, yang utama ada dua hal yaitu merawat kulit dari dalam serta dari luar," katanya.

Ia menjelaskan, kaum wanita dapat melakukan perawatan kulit dari dalam dengan mengonsumsi banyak air putih, buah-buahan, sayur sebagai antioksidan, mengurangi makanan berminyak, menghindari begadang dan stres.

"Kita harus pandai mengelola emosi, sebab faktor stres juga dapat mempengaruhi kulit, tidak hanya dari dalam, kita juga perlu melakukan perawatan dari luar, seperti rajin mencuci wajah dua kali sehari, menjaga kebersihan rambut dengan rajin mencuci rambut, sering mengganti sarung bantal atau handuk untuk menghindari bakteri, menggunakan sunblock, serta jangan menyentuh jerawat dengan tangan untuk menghindari iritasi," katanya.

Menurutnya, dengan menerapkan perawatan dari dalam serta luar secara rutin dapat membantu kulit tetap sehat selama beraktivitas di dalam rumah dalam rangka pencegahan persebaran COVID-19.

"Meski di rumah saja kita juga perlu merawat diri, sebab dengan melakukan perawatan diri juga dapat membantu menghilangkan jenuh selama melakukan aktivitas di rumah, selain itu dengan mengkonsumsi makanan sehat kita mendapatkan dua manfaat yaitu bagi kulit serta imunitas tubuh," ucapnya.