Legislator kritik kebijakan transportasi dibuka kembali

id dpr ri, fraksi pks dpr ri, teddy setiadi, transportasi umun dibuka kembali, covid 19

Legislator kritik  kebijakan transportasi dibuka kembali

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PKS Teddy Setiadi. (Dok Humas Fraksi PKS DPR RI)

Bandung (ANTARA) - Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PKS asal daerah pemilihan Kota Bandung dan Kota Cimahi Teddy Setiadi mengkritisi kebijakan pemerintah yang membuka kembali transportasi umum mulai 7 Mei 2020, hal tersebut dikhawatirkan bisa membuat wabah COVID-19 semakin menyebar.

"Dengan dibuka kembali transportasi ini akan sangat berpotensi dalam hal penyebaran COVID-19 karena dari sisi pergerakan orang melalui moda transportasi. Kebijakan pemerintah berubah-ubah dan membingungkan pemerintah daerah dan rakyat," kata Teddy Setiadi dalam siaran persnya, diterima di Bandung, Sabtu.

Teddy menilai keputusan pemerintah yang kembali membuka moda transportasi umum bisa membuat aparat di daerah makin kerepotan karena keputusan tersebut justru berpotensi mengacaukan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) saat ini.

Dia menegaskan fokus pemerintah yang pertama haruslah penyelamatan jiwa manusia sehingga kebijakan harus konsisten dan ditegakkan secara konsekuen.

Masyarakat mulai menyadari pentingnya memutus rantai penyebaran COVID-19 dengan diam di rumah, bekerja di rumah, beribadah di rumah dan menjaga jarak (physical distancing) bahkan menahan diri untuk tidak mudik.

"Kesadaran ini harus diapresiasi dengan memperlihatkan kebijakan yang konsisten, berpihak pada keselamatan jiwa masyarakat," kata dia.