XL Axiata-Pewarta Foto Indonesia bagikan sembako untuk penyandang disabilitas

id xl axiata, pewarta foto indonesia, pertuni

XL Axiata-Pewarta Foto Indonesia bagikan sembako untuk penyandang disabilitas

XL Axiata-Pewarta Foto Indonesia bagikan sembako untuk penyandang disabilitas (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) -
 PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) bekerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) di Sumatera memberikan perhatian dan dukungan kepada komunitas penyandang tuna netra yang terdampak COVID-19, dengan memberikan sembako. 

Melalui Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni), XL Axiata dan PFI menyalurkan donasi sembako di tiga kota yakni Medan,  Pekan Baru,  dan Palembang pada Jumat (8/5)," kata Group Head XL Axiata West Region, Desy Sari Dewi dalam keterangannya yang diterima di Bandarlampung,  Sabtu. 

Ia mengatakan, XL Axiata melihat kondisi pandemi saat ini, banyak profesi yang terimbas akibat COVID-19, termasuk komunitas penyandang tuna netra, yang selama ini banyak mencari nafkah sebagai tukang pijat, penjual kerupuk keliling, hingga mengamen. 

menurut dia,  instruksi kepada masyarakat luas untuk physical distancing dan stay at home membuat mereka mengalami penurunan bahkan sama sekali tidak mendapatkan pendapatan. 

"Kami menyambut baik kerjasama dengan rekan-rekan pewarta foto untuk memberikan bantuan kepada komunitas penyandang difabel ini,” katanya. 

Total ada sekitar 200 paket sembako yang dibagikan. Di Medan ada 60 paket, sementara itu di Palembang dibagikan 75 paket, dan di Pekanbaru 65 paket. XL Axiata dan PFI berharap paket sembako yang disalurkan bisa bermanfaat buat anggota Pertuni dan keluarga. 

Sejak pembatasan sosial masyarakat terkait COVID-19 diberlakukan, rata-rata penyandang tuna netra semakin berat dalam melakukan aktivitas mencari nafkah.

"Kalau pun masih bekerja, pendapatan yang kami dapatkan sangat menurun. Jarang ada orang yang meminta pijat, belum tentu setiap hari bisa dapat orderan. Begitu juga kawan yang berjualan, karena pasar dan jalan pun sekarang sepi. Mereka juga menghindari membeli makanan di jalan. Kawan-kawan yang mengamen pun juga sama nasibnya karena di mana saja sekarang sepi. Bantuan sembako dari XL Axiata dan PFI  ini sangat membantu kami, “ kata Khairul dari Pertuni Medan.

Sementara itu Head of Sales Greater Medan, Horas Lubis menyebutkan bahwa sebagai bagian dari masyarakat di mana pun XL Axiata beroperasi, pihaknya merasa memiliki tanggung jawab untuk membantu komunitas yang mengalami kesulitan. 

Terkait dengan dampak COVID-19, XL Axiata juga terus berusaha menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan di berbagai daerah. Di Medan, selain kepada komunitas tuna netra, XL Axiata juga telah menyalurkan bantuan kepada komunitas penjual pulsa berupa hand sanitizer, masker serta vitamin C.

XL Axiata sebagai perusahaan layanan telekomunikasi dan data, terus menerus menunjukkan keperdulian dalam mitigasi COVID-19 di Indonesia. Berbagai dukungan sosial telah dilakukan. Selain mendukung imbauan bekerja dan belajar dari rumah dengan memberikan gratis kuota data 2GB per hari untuk pelanggan.

XL Axiata juga telah menyalurkan berbagai bantuan, termasuk ribuan alat pelindung diri dan baju hazmat bagi tenaga medis, hingga penguatan jaringan data di sekitar rumah sakit rujukan utama.