Relawan Diaspora Indonesia di Amerika Serikat produksi masker tangkal corona

id Dompet Dhuafa, Diaspora Indonesia di Amerika, Lampung Timur

Relawan Diaspora Indonesia di Amerika Serikat  produksi masker tangkal corona

Sejumlah Diaspora Indonesia di Amerika Serikat, diorganisir  Dompet Dhuafa USA Inc, agar berkontribusi memproduksi masker kain untuk dibagikan ke masyarakat. Foto Dompet Dhuafa

Lampung Timur (ANTARA) - Sejumlah Diaspora Indonesia di Amerika Serikat, diorganisir  Dompet Dhuafa USA Inc, agar berkontribusi memproduksi masker kain untuk dibagikan ke masyarakat. Sebanyak 10 orang relawan  berasal dari negara bagian yang berbeda, yakni dari Arizona, Arkansas, Kansas, dan Maryland terlibat dalam kegiatan tersebut. 

Dalam projek ini, Dompet Dhuafa USA menyediakan bahan berupa kain katun, tali elastik, dan lainnya untuk pembuatan masker. Para relawan yang memiliki mesin jahit sendiri tersebut berkontribusi tanpa imbalan.

"Kita sangat bersyukur karena masih banyak orang-orang peduli seperti para relawan yang mau meluangkan waktu untuk menjahit masker kain ini. Selanjutnya kita bagikan ke yang membutuhkan," kata Irwan Saputra, Executive Director Dompet Dhuafa USA Inc dalam keterangan tertulis Dompet Dhuafa diterima di Lampung Timur, Sabtu (9/5).

Irwan menjelaskan bahwa masker tersebut akan dibagi-bagikan ke diaspora Indonesia yang ada di Amerika Serikat. 

Selain itu, mereka juga membagikan ke warga negara Amerika Serikat yang tidak bisa mendapatkan masker.

"Para relawan kita rata-rata orang yang memiliki kesibukan lain seperti bekerja. Jadi untuk tahap awal ini, kita sudah produksi hampir 700 pcs masker kain. Kemudian kita bagikan lima masker per keluarga. Di sini tidak semudah mendapatkan masker kain seperti di Indonesia, jadi, walau tidak banyak, masker tersebut akan bermanfaat," jelas Irwan.

Salah satu relawan yang berasal dari negara bagian Arizona, Wahyu Lestari, menyatakan bahwa ia mau berkontribusi memproduksi masker tersebut karena kepedulian melihat kondisi penyebaran pandemi COVID-19 di AS yang sangat parah.

"Semoga masker-masker ini dapat membantu mencegah dan mengurangi penyebaran COVID-19 ini di AS," ungkap Wahyu yang juga bekerja sebagai Associate Professor Aerospace Engineering di Embry-Riddle Aeronautical University, di Arizona.
 
Sejumlah Diaspora Indonesia di Amerika Serikat, diorganisir  Dompet Dhuafa USA Inc, agar berkontribusi memproduksi masker kain untuk dibagikan ke masyarakat. Foto Dompet Dhuafa



Salah seorang penerima yang tinggal di wilayah Virginia, Novita Sari, mengungkapkan bahwa masker kain tersebut sangat bermanfaat baginya dan keluarga pada saat ke luar rumah, terutama untuk berbelanja.

"Kami tidak punya mesin jahit untuk buat sendiri. Jadi masker kain dari Dompet Dhuafa ini sangat bermanfaat bagi kami," ujar Novita.

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. 

Selama 26 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.





 
Pewarta :
Editor : Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar